0 Point
Teh chamomile

Makanan Ini Bisa Menemani Anda Saat Stres!

Ada banyak cara untuk mengelola atau bahkan meredakan stres. Misalnya saja melakukan meditasi atau yoga. Namun, beberapa orang juga menemukan bahwa makanan merupakan teman sejati mereka kala stres melanda. Dan ini sah-sah saja, asal, tetap mengontrol porsi makan sehingga tidak berlebihan dan juga memastikan untuk tidak melulu mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang malah bisa menyebabkan masalah lainnya.

Menurut ulasan yang diterbitkan di journal of Nutrition & Food Sciences pada Juni 2016, stres bisa meningkatkan kebutuhan manusia akan nutrisi tertentu, seperti vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium. Pola makan yang tidak sehat dapat membuat tingkat stres malah semakin tinggi. Untuk itu, jika Anda memang butuh makanan untuk mengelola atau meredakan stres Anda, berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa kami berikan:

Teh herbal

Meminum secangkir teh hangat merupakan salah satu cara untuk membuat diri merasa lebih tenang. Penelitian menunjukkan bahwa memegang dan menyesap minuman hangat dapat membantu meningkatkan perasaan hangat dengan diri sendiri, sehingga lebih menenangkan. Teh lavender atau chamomile telah terbukti memiliki efek relaksasi yang baik untuk dikonsumsi ketika stres. Teh hijau juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani Anda dikala stres melanda.

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam bisa membantu mengurangi stres. Mengonsumsi cokelat bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang. Kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Akan tetapi, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi dark chocolate, dan pastikan cokelat yang Anda makan tidak mengandung terlalu banyak gula tambahan.

Alpukat

Alpukat tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun juga kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini dikenal dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati.

Ikan berlemak

Ikan berlemak tak hanya baik untuk kesehatan jantung, namun juga baik untuk melawan stres. Ini berkat kandungan omega-3 yang bisa membantu meringankan depresi karena nutrisinya mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati. Ikan berlemak yang bisa Anda konsumsi termasuk di antaranya salmon, tuna, mackerel, sarden, herring, dan lain-lain.

(Foto: bonteacafe.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok