Makanan dan Minuman yang Direkomendasikan Ketika Anda Menderita Flu

May 22, 2021 | Helmi

flu

Saat Anda tengah menderita flu, makan menjadi kurang begitu bernapsu. Meski demikian, tubuh Anda tetap memerlukan makanan bergizi untuk bisa pulih dari flu. 

Selain makanan, suplemen, dan cairan lain dapat membantu Anda merasa lega. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi flu.

Makan makanan tinggi vitamin C, zinc, magnesium, dan kalsium

"Pada gejala awal pilek, Anda ingin memfokuskan pola makan Anda pada nutrisi yang akan meningkatkan sistem kekebalan Anda," kata Fred Pescatore, MD, seorang dokter yang mengkhususkan diri pada pengobatan alami. 

Zinc adalah mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah depresi, melawan flu biasa, dan banyak lagi.

Sementara magnesium adalah makro mineral penting yang membantu tubuh manusia memperbaiki DNA, membangun protein, dan memproses informasi secara efisien secara mental.

Sementara  Vitamin C juga tak kalah penting karena dapat membantu meredakan gejala Anda. Jumlah vitamin C yang disarankan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria. 

Makanan dengan banyak vitamin C meliputi: jeruk, strawberry, brokoli, kiwi dan lain sebagainya.

Demikian juga, jumlah zinc yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 8 mg untuk wanita dan 11 mg untuk pria. Makanan tinggi zinc meliputi: kacang-kacangan dan juga tiram.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan sistem kekebalan yang melemah. Oleh karena itu, cukup magnesium dalam makanan Anda dapat membantu Anda melawan infeksi.

YesDok Ads

Jumlah magnesium yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah antara 310 mg untuk wanita dan 420 mg untuk pria. Makanan kaya magnesium meliputi: almond, alpukat dan bayam.

Suplemen juga bisa membantu

Saat Anda sakit, Anda mungkin kehilangan nafsu makan, yang membuat Anda lebih sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih. Dalam hal ini, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang kuat, kata Pescatore.

"Diet sehat normal harus mencakup cukup vitamin dan mineral ini, tetapi jika diperlukan, Anda juga dapat melengkapi vitamin ini untuk memastikan Anda mendapatkan tingkat yang tepat," jelas Pescatore. "Salah satu nutrisi yang telah dicoba dan benar untuk memastikan pemulihan yang cepat dari flu biasa adalah vitamin C."

Ditambah lagi, penelitian kecil menunjukkan bahwa suplemen pilek biasa dari elderberry, ginseng, dan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan mengurangi durasi penyakit Anda.

Pastikan Konsumsi Cukup Air

Selain makan dengan benar, minum yang cukup juga penting. Pilek dapat membuat Anda dehidrasi, jadi minumlah banyak air dan hindari cairan yang dapat membuat Anda semakin dehidrasi.

"Hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi atau virus. Cairan teh [bebas kafein] adalah pilihan terbaik Anda," kata Pescatore. 

"Hindari minuman manis seperti soda - gula diketahui dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit untuk pulih dari flu. Minuman lain seperti kopi, alkohol, dan jus buah juga dapat membuat Anda dehidrasi."

YesDok Ads