0 Point

Makanan dan Minuman yang Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Organ penting yang mengeluarkan dan menyaring kotoran  tubuh ini harus terus dijaga kesehatannya. Beberapa makanan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal yang mengganggu fungsi ginjal. Berikut ini makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal:

Daging

Daging mengandung banyak protein, makanan yang mengandung banyak protein bisa menjadi salah satu pemicu tekanan pada ginjal, hal ini karena limbah protein cukup sulit dibuang tubuh. selain itu juga daging tinggi dengan asam urat yang merupakan salah satu faktor umum penyebab batu ginjal

Sarden

Sarden juga menjadi makanan yang dilarang jika Anda memiliki penyakit batu ginjal. Sarden banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi. Mengurangi konsumsi sarden bisa cegah batu ginjal. 

Makanan mengandung pemanis buatan

Sering mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan apalagi dalam waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Beberapa penelitian menyatakan bahwa pemanis buatan non kalori bisa merusak fungsi pada ginjal. 

Produk susu

Kalsium pada susu bisa membuat ekskresi kalsium urine semakin meningkat, sehingga sulit urine sulit membuang kotoran ini.

Kafein

Kafein memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi, hal ini tentunya menjadi pemicu terjadinya gagal ginjal, sebab stimulan yang ada bisa membuat organ kelelahan. Minuman yang banyak kandungan kafein bisa Anda temukan pada soda, teh, dan kopi. 

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat dijumpai pada jus kemasan, minuman energi, dan soda. Sering meminum minuman berkarbonasi memicu resiko terkena batu ginjal semakin meningkat.

(Foto: blogpaleoonthego.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok