Makanan dan Minuman Sumber Bau Mulut

May 20, 2019 | Claudia

Semua orang sepakat bahwa bau mulut merupakan momok yang sangat memalukan!

Apalagi jika Anda harus berinteraksi dengan banyak orang, ini akan jadi hal yang tidak Anda inginkan sama sekali. Dengan napas yang berbau busuk, Anda akan sulit menemukan seseorang yang bisa diajak berbicara dalam waktu yang lama, dan ini sudah pasti sangat merugikan Anda.

Apakah bau mulut disebabkan karena Anda tidak menjaga kebersihan mulut Anda?  Bisa jadi. Namun ada hal lain yang juga bisa menyebabkan mulut Anda berbau tak sedap. Salah satunya yang paling jelas ialah makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. Apa saja makanan dan minuman itu?

Bawang

Meskipun bawang mungkin hadir di setiap masakan Anda, namun kita tidak bisa menyangkal bahwa bawang merupakan penyebab dari mulut Anda yang bau. Bawang memang baik untuk menyedapkan rasa makanan, sayang memakannya berarti mengundang bau tak sedap ke mulut Anda.

Ini karena bawang mengandung senyawa belerang di dalamnya yang akan dilepas dalam air liur dan aliran darah kita saat kita memakannya, dan pada akhirnya menyebabkan bau napas.

Kopi

YesDok Ads

Secangkir kopi sudah menjadi bagian dari hidup Anda sehari-hari. Rasanya yang nikmat membuat kopi dicintai banyak orang. Namun, kopi nyatanya menjadi salah satu alasan di balik bau mulut Anda. Mengapa?

Ini karena minuman ini tak hanya bersifat sedikit asam, yang mana dapat mendorong bakteri untuk tumbuh dan berkembang di mulut, namun, kopi juga dapat mengeringkan mulut sehingga dapat menyebabkan bau tak sedap timbul.

Daging dan Ikan

Kandungan protein yang terdapat dalam daging dan ikan mengandung protein yang membuat mulut Anda berbau tak sedap. Maka dari itu, jangan lupa membersihkan mulut Anda sesudah mengonsumsinya, ya!

Minuman manis dan permen

Gula yang manis, tak selalu memberikan efek yang manis, karena gula tak hanya menyebabkan mulut Anda menjadi sangat asam sehingga dapat mempercepat kerusakan gigi, namun gula juga merupakan makanan utama untuk semua bakteri yang ada di dalam mulut Anda. Maka dari itu, coba kurangi asupan gula yang berlebih dalam keseharian Anda.

(Foto: netdoctor.co.uk)

YesDok Ads