Makanan dan Minuman Ini Bisa Rusak Mood Anda Sepanjang Hari

October 29, 2019 | Helmi

Tahukah Anda bahwa makanan bisa memengaruhi suasana hati kita?! Ada makanan yang bisa membuat suasana hati senang, namun ada juga yang justru membuat Anda memiliki mood yang sangat buruk.

Makanan memengaruhi neurotransmitter di otak. Bahan kimia penting ini telah dikaitkan dengan emosi atau perasaan. Sebagai contoh, neurotransmitter serotonin membantu orang tetap rileks. Ada juga dopamin yang bisa meningkatkan fokus.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa sebabkan bad mood sepanjang hari, sebagaimana dikutip dari Medical Daily:

Makanan Manis

Banyak orang suka makan makanan dengan tambahan gula atau pemanis buatan. Namun, konsumsi makanan manis yang tinggi dapat memicu kecemasan, lekas marah, dan depresi. Terlalu banyak gula dalam tubuh juga dapat mengganggu kemampuannya melawan stres.

Pemanis buatan juga dikaitkan dengan sakit kepala, gangguan mood, pusing dan migrain.

Alkohol

YesDok Ads

Alkohol memaksa otak untuk bekerja lebih keras untuk menghasilkan hormon yang meningkatkan perasaan stres dan kecemasan. Ini juga bisa mengurangi kadar serotonin yang bisa memberi Anda suasana hati yang buruk.

Margarin

Margarin dan produk seperti mentega lainnya mungkin mengandung lemak jahat yang meningkatkan peradangan dan tingginya kadar asam lemak omega-6. Mereka mengacaukan suasana hati Anda dengan menghalangi peningkat suasana hati alami asam lemak omega-3.

Kopi

Terlalu banyak kopi dalam tubuh pada siang hari dapat menyebabkan overdosis kafein, yang dapat mempengaruhi neurotransmiter dan hormon. Kopi bisa mengubah suasana hati dan memicu perasaan cemas.

(Foto: Soyummy.com)

YesDok Ads