Diet
+1

Makanan Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

May 21, 2021 | Claudia

Lemak Jenuh

Organ hati secara alami menciptakan kolesterol, yang kemudian disebarkan ke seluruh tubuh menggunakan protein dalam aliran darah. Kolesterol memiliki peran penting untuk membran sel, memproduksi hormon, vitamin D, dan zat yang bekerja untuk mencerna makanan berlemak.

Akan tetapi, faktor gaya hidup dan genetik bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kolesterol. Kolesterol yang menumpuk di arteri dapat menghalangi aliran darah, yang kemudian bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Ada dua jenis kolesterol, yakni:

  • Low-density lipoprotein (LDL), dikenal sebagai kolesterol jahat karena jenis kolesterol ini cenderung menumpuk dan menjadi akar penyebab dari banyak penyakit.
  • High-density lipoprotein (HDL), dikenal sebagai kolesterol baik, bertugas mengumpulkan kolesterol jahat dari arteri dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang.

Meskipun menghindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi mungkin bermanfaat untuk sebagian orang, namun American Heart Association, National Heart, Lung, and Blood Institute, dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setuju bahwa pendekatan diet yang paling efektif untuk mengurangi kolesterol darah adalah memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh, dan menghindari makanan dengan lemak jenuh atau lemak trans.

Usahakan untuk makan makanan yang rendah kandungan kolesterol jahat dan tinggi kandungan kolesterol baik. Asupan lemak dapat memengaruhi keseimbangan kolesterol dalam tubuh, karena asam lemak mengikat sel hati dan mengatur produksi kolesterol. Jangan hanya memerhatikan jumlah lemak yang terkandung dalam makanan, tapi perhatikan juga jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh. Setiap jenis lemak memengaruhi kadar kolesterol secara berbeda.

Lemak jenuh

Sebagian besar terkandung dalam daging dan produk susu. Lemak jenuh menyuruh hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol jahat.

YesDok Ads

Lemak tak jenuh

Lebih sering ditemukan dalam daging ikan, tumbuhan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati. Lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL, mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL, dan menjaga kesehatan jantung.

Lemak trans

Lemak trans merupakan bentuk dari lemak tak jenuh. Lemak trans dapat terbentuk secara alami atau buatan. Lemak trans buatan dibuat dari minyak sayur yang dipadatkan melalui proses hidrogenasi. Makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, dan makanan dalam kemasan, sering kali mengandung lemak trans.

Jika Anda tidak ingin tubuh Anda dipenuhi dengan kolesterol jahat yang bisa menjadi akar dari banyak penyakit, maka kunci utamanya adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, dan meninggalkan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Perubahan pada gaya hidup agar menjadi lebih sehat juga disarankan, agar Anda terhindar dari banyak penyakit.

(Foto: foodbeverageinsider.com)

YesDok Ads