Makan Sayuran Hijau Membantu Pembentukan Otot

June 06, 2021 | Iman

Sayuran hijau

Anda sedang membangun massa otot? Jika, iya ini adalah kabar baik bagi Anda. Makan sayuran hijau dikaitkan dapat bermanfaat dalam membentuk kekuatan otot, menurut penelitian baru dari Edith Cowan University.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa makan sayuran hijau kaya nitrat secara teratur, seperti bayam dan kangkung. Sayuran ini dapat meningkatkan fungsi otot, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang.

Tubuh mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yang dapat membuka pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan kinerja olahraga. Seiring waktu, pola makan kaya nabati dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan kognitif.

“Secara umum, sayuran hijau adalah beberapa makanan yang paling kaya nutrisi dan kalori di planet ini - mengemas banyak vitamin dan mineral,” kata direktur medis dari Case Integrative Health, Casey Kelley.

Para peneliti mengevaluasi data kesehatan dari 3.759 warga Australia selama periode 12 tahun. Peserta yang makan paling banyak nitrat yang banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada memiliki kekuatan tungkai bawah 11 persen lebih kuat. Kecepatan berjalan mereka kira-kira 4 persen lebih cepat dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit sayuran berdaun hijau.

Para peneliti juga mengamati aktivitas fisik para peserta. Mereka menemukan bahwa sayuran meningkatkan kekuatan otot terlepas dari apakah partisipan berolahraga. Sayuran hijau dikemas dengan nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat.

“Nitrit oksida melemaskan pembuluh darah dan menyebabkannya melebar. Hal ini memungkinkan pengiriman oksigen yang lebih besar ke otot,” kata ahli penyakit dalam dari New York, Niket Sonpal.

Otot kita membutuhkan lebih banyak oksigen saat kita berolahraga. Sonpal mengatakan bahwa oksigen penting untuk menghasilkan bahan bakar saat berolahraga dan juga penting untuk pemulihan otot.

Peningkatan aliran oksigen dapat membuat otot kita bekerja lebih optimal, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

YesDok Ads

Kekuatan otot merupakan komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu tugas sehari-hari seperti mengangkat benda berat, berjalan, dan bahkan bangun dari tempat tidur.

Kekuatan otot juga penting untuk kesehatan sendi dan tulang karena membantu mencegah rasa sakit dan cedera. Otot tanpa lemak dapat memfasilitasi penurunan berat badan dan manajemen berat badan. Proses di mana Anda mencapai kekuatan otot dan olahraga - berpotensi meningkatkan kesehatan kognitif.

Penemuan baru dari Edith Cowan University membangun bukti sebelumnya yang mengaitkan sayuran hijau dengan kesehatan jantung.

Oksida nitrat berpotensi membantu menurunkan tekanan darah. Studi tersebut juga menemukan bahwa pola makan kaya nabati, bersama dengan intervensi lainnya dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati penyakit kardiovaskular.

Jenis sayuran hijau apa yang harus Anda makan?

Para peneliti menemukan bahwa selada, bayam, kangkung, dan bit memiliki efek kesehatan terbesar. Sayuran hijau kaya nitrat lainnya termasuk adas, lobak, peterseli, kubis, dan arugula.

Menurut Kelley, suplemen mungkin bermanfaat bagi orang yang tidak menyukai rasa sayuran hijau, atau orang yang membutuhkan nutrisi dalam dosis besar.

“Anda dapat meraih manfaat sayuran hijau dari suplemen, tapi sebetulnya makan secangkir sayuran hijau setiap hari sudah cukup,” Kelley menambahkan.

YesDok Ads