Diet
+1

Makan Makanan Fermentasi Bantu Atasi Peradangan

July 16, 2021 | Helmi

makanan fermentasi

Peradangan adalah bagian normal dari penyembuhan atau pemulihan dari suatu penyakit. Peradangan kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, asma, dan rheumatoid arthritis.

Sementara obat-obatan tertentu dapat membantu mengobati peradangan kronis, para peneliti sedang menyelidiki apakah diet dapat berperan dalam mengurangi peradangan secara umum, meskipun diet tidak diuji sebagai pengobatan pengganti untuk pengobatan.

Sebuah studi baru dari Stanford School of Medicine menunjukkan bahwa memasukkan makanan fermentasi ke dalam pola makanan dapat membantu menurunkan peradangan.

"Peneliti mikrobioma terkemuka mengklarifikasi bagaimana makanan memengaruhi mikrobiota usus Anda, yang memengaruhi seluruh tubuh Anda," kata Dr. Elena A. Ivanina, MPH, direktur neurogastroenterology dan motilitas di Lenox Hill Hospital di New York.

“Studi kecil ini oleh Drs. Justin dan Erica Sonnenburg membantu menjelaskan bagaimana makanan fermentasi dan serat mengubah mikrobioma dan menyarankan bahwa makanan fermentasi seperti kimchi meningkatkan keragaman mikroba, ”katanya.

Peradangan adalah respons alami dari sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh berada di bawah tekanan dari hal-hal seperti infeksi dan cedera, sistem kekebalan melepaskan antibodi dan protein bersama dengan peningkatan aliran darah untuk membantu menyembuhkan tubuh.

Dalam jangka pendek, peradangan dapat membantu menyembuhkan tubuh, tetapi seiring waktu, jika respons peradangan berlanjut, sistem kekebalan dapat menargetkan jaringan sehat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan.

“Sistem kekebalan dapat menyebabkan kerusakan tambahan,” kata Ken Cadwell, PhD, Profesor Mikrobiologi Keluarga Recanati di Institut Skirball di Fakultas Kedokteran Universitas New York Grossman.

“Ketika sistem kekebalan menyebabkan terlalu banyak kerusakan atau tidak tenang, Anda bisa mendapatkan penyakit radang kronis,” katanya.

YesDok Ads

Uji klinis menugaskan 36 orang dewasa sehat diet 10 minggu yang mencakup makanan fermentasi atau makanan berserat tinggi.

Pada kelompok makanan fermentasi, empat jenis sel imun menunjukkan aktivasi yang lebih sedikit. Tingkat 19 protein inflamasi yang diukur dalam sampel darah juga turun.

Hasilnya menunjukkan bahwa perubahan sederhana dalam diet dapat memiliki efek nyata pada mikrobioma usus dan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian, makanan fermentasi menurunkan aktivasi sel-sel kekebalan yang terlibat dalam peradangan kronis.

"Ini mendukung hubungan terkenal antara mikrobioma dan sistem kekebalan yang telah terlibat dalam kondisi seperti penyakit celiac dan penyakit radang usus, serta kondisi non-GI seperti rheumatoid arthritis dan kanker," kata Ivanina.

Menurut penelitian, orang yang makan yogurt, kefir, keju cottage yang difermentasi, kimchi, minuman air garam sayuran, dan teh kombucha mengalami peningkatan keragaman mikroba secara keseluruhan. Porsi yang lebih besar dari makanan ini menunjukkan efek yang lebih kuat.

Tetapi para peneliti terkejut menemukan bahwa kelompok kaya serat tidak mengalami penurunan serupa pada 19 protein inflamasi. Keragaman mikroba usus mereka juga tetap stabil.

“Mengejutkan bahwa mereka tidak menemukan serat memiliki efek signifikan pada mikrobioma, tetapi kita harus menunggu penelitian yang lebih besar untuk memahami apakah memang demikian,” kata Ivanina.

YesDok Ads