Diet
+1

Makan Ini untuk Menyehatkan Perut Anda

December 17, 2019 | Claudia

Makanan untuk menyehatkan perut

Perut merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang rentan terhadap infeksi dan komplikasi kesehatan. Perut adalah pusat dari sistem pencernaan, yang melakukan berbagai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Inilah mengapa, menjaga kesehatan perut sudah menjadi satu hal penting yang wajib Anda lakukan.

Menjaga kesehatan perut bisa dimulai dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam perut. Beberapa makanan dipercaya bisa meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga baik untuk pergerakan usus dan kesehatan lambung.

Jika Anda tak ingin mengalami masalah pencernaan di perut Anda, maka beberapa makanan ini patut dicoba:

Yoghurt

Ada miliaran bakteri di perut yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Yoghurt, mengandung bakteri baik yang bisa membantu meningkatkan pencernaan. Selain itu, probiotik dalam yoghurt juga membantu mengatasi infeksi bakteri di lambung.

Daging tanpa lemak

Berkat kandungan lemaknya yang rendah, daging jenis ini tidak mengandung kolesterol jahat juga sangat rendah kandungan lemak jenuh. Terlalu sering mengonsumsi daging merah yang tinggi lemak, bisa meningkatkan risiko kanker usus besar pada pria dewasa.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan, sekaligus menjadi buah paling sehat. Pisang dapat mendorong pergerakan usus yang sehat, juga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain baik untuk pencernaan, mengonsumsi pisang secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat makanan, yang mana keduanya merupakan komponen yang sangat baik untuk kesehatan perut. Vitamin C di sisi lain, juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam yang larut dalam air, sehingga mencampurnya dengan segelas air dan meminumnya akan sangat baik untuk menyehatkan pencernaan Anda. Air jeruk nipis sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan sistem pencernaan secara menyeluruh.

Jahe

Mengonsumsi jahe secukupnya akan sangat baik untuk pencernaan. Jahe telah dimanfaatkan sejak lama untuk mengatasi beberapa masalah di perut, seperti perut kembung dan sakit perut. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi jahe, karena ini malah bisa merugikan kesehatan perut Anda.

(Foto: seriouseats.com)

YesDok Ads