Diet
+1

Makan Ini jika Dilanda Demam

November 03, 2019 | Claudia

Saat sedang demam, pasti yang Anda inginkan hanyalah merebahkan diri di kasur dan beristirahat sepanjang hari di balik selimut. Bahkan, untuk makan saja terasa sangat sulit, belum lagi ketika mulut Anda juga terasa tidak enak saat menyendokkan makanan ke dalamnya. Padahal, Anda tetap harus makan agar tubuh mendapat energi yang dibutuhkan untuk segera pulih.

Demam bisa disebabkan oleh dua hal, yakni infeksi virus maupun infeksi bakteri. Demam yang terjadi akibat infeksi virus dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti demam tinggi, sakit kepala, tubuh terasa sakit, mual, muntah, dan sensasi terbakar di mata.

Demam sangat umum terjadi pada siapa saja, baik itu pada bayi hingga pada orang lanjut usia. Demam sendiri sebetulnya merupakan mekanisme alami dari sistem kekebalan tubuh yang tengah berjuang melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Demam bisa sembuh dalam waktu cepat, namun ada juga beberapa kondisi demam yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Menjaga asupan makanan saat demam sangat diperlukan untuk mengisi ulang energi sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

Untuk itu, Anda perlu menemukan makanan apa saja yang terasa nyaman dimakan walau tengah terserang demam. Berikut ulasannya:

Pisang

Saat sedang sakit, indera pengecap akan kehilangan sedikit kemampuan untuk mengecap rasa-rasa dari makanan. Tak heran, apapun yang masuk ke dalam mulut Anda akan terasa hambar. Pisang merupakan salah satu yang dapat membantu Anda, karena pisang mudah dikunyah dan ditelan. Rutin mengonsumsi pisang setiap hari juga dapat mencegah Anda dari gejala demam akibat virus, karena kandungan nutrisi dalam pisang dapat meningkatkan sel darah putih, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuat ketahanan terhadap penyakit.

YesDok Ads

Sup ayam

Sup ayam menjadi salah satu makanan yang paling pas untuk dimakan di kala demam. Ini karena rasanya yang nikmat dan hangat, sehingga mampu memberikan rasa nyaman bagi siapapun yang menyantapnya. Selain itu, sup ayam dikemas dengan vitamin, mineral, protein dan kalori yang dibutuhkan seseorang ketika sedang sakit. Sup ayam juga dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Makanan ini dapat bekerja sebagai dekongestan alami yang terbukti efektif untuk membersihkan lendir di hidung.

Jahe

Mual juga kerap menyertai ketika Anda terserang demam. Di saat ini lah, mengonsumsi jahe dapat sangat membantu. Selain itu, antimikroba dan antioksidan dalam jahe juga bermanfaat untuk badan Anda yang terasa tidak enak karena sakit. Anda bisa mengonsumsi teh jahe untuk membuat badan Anda terasa lebih nyaman saat demam menyerang. Anda boleh menambahkan madu untuk menambah kenikmatan dari teh jahe.

Air kelapa

Air kelapa mengandung tinggi elektrolit dan glukosa, sehingga menjadikannya sebagai minuman yang tepat untuk Anda yang terserang demam akibat virus. Selain segar dan enak, air kelapa dapat membantu mengembalikan energi yang hilang saat sakit. Antioksidan di dalamnya juga dapat membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads