Diet
+1

Makan Cokelat Bubuk Ternyata Banyak Manfaat

May 31, 2022 | Claudia

Cokelat bubuk

Cokelat dicintai banyak orang, meski beberapa juga membenci cokelat yang dipercaya bisa membuat gemuk!

Tahukah Anda, bahwa cokelat bubuk sebenarnya mengandung nutrisi yang tinggi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan? Cokelat bubuk kerap digunakan sebagai salah satu bahan pembuat kue. Cokelat ini juga memiliki peran yang cukup penting dalam produksi cokelat.

Di dalam cokelat bubuk, terkandung sejumlah mineral, seperti kalsium, tembaga, magnesium, natrium, seng, fosfor, dan kalium. Dengan kandungan nutrisi ini, apa saja manfaat kesehatan dalam cokelat bubuk?

Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Cokelat bubuk disebut-sebut juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.Ini berkat senyawa flavonoid yang memengaruhi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya dapat berkurang.

YesDok Ads

Mengurangi tekanan darah tinggi

Cokelat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah, dengan cara meningkatkan kadar oksida nitrat. Ini berkat adanya flavonoid yang bertugas meningkatkan kadar nitrit oksida dalam darah, yang kemudian dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bekerja sebagai antidepresan

Cokelat bubuk memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati, dan mengusir gejala depresi. Cokelat bubuk mengandung zat yang disebut sebagai phenethylamine, yang merupakan neurotransmitter pada otak dengan fungsi meningkatkan mood dan sebagai antidepresan alami. 

(Foto: washingtonpost.com)

YesDok Ads