Makan Berlebihan Saat Lebaran? Ini Tips Meredakan Kembung Secara Alami

May 03, 2022 | Helmi

makanan lebaran

Di momen lebaran seperti sekarang ini biasanya diisi dengan kegiatan makan yang tidak terkontrol. Kondisi ini berpotensi menyebabkan terjadinya kembung.

Kembung setelah makan mungkin merupakan kejadian yang normal. Namun menurut ahli gastroenterologi Cedars-Sinai, Dr. Ali Rezaie, jika perut Anda kembung setiap kali Anda makan, Anda harus mencari bantuan medis

Dr. Rezaie mambagikan tips bagaimana meredakan kembung secara alami setelah makan:

Beri Jeda Antar Makanan

Usus kecil menjaga dirinya tetap bersih dengan memindahkan makanan yang tidak tercerna dari usus kecil ke usus besar. Gelombang ini terjadi setiap dua jam sekali saat kita tidak makan, kata Rezaie.

"Gelombang ini merupakan bagian integral dari keseimbangan mikrobioma usus kita," katanya.

Untuk memastikan ombak dapat berlangsung, tunggu beberapa jam setelah setiap makan atau camilan sebelum makan lagi jika memungkinkan.

Makan perlahan

YesDok Ads

Anda menghirup lebih sedikit udara dengan mengunyah makanan lebih lama dan makan perlahan, kata ahli gastroenterologi Hardeep Singh sebelumnya kepada Insider. Lebih sedikit udara berarti lebih sedikit kemungkinan terjadinya kembung.

Minum lebih banyak air

Mengkonsumsi terlalu banyak natrium dapat menyebabkan kembung, dan menghirup air dapat membantu mengeluarkannya, kata Singh.

Hindari makanan yang menyebabkan kembung

Makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli, dapat menghasilkan gas dalam perut, jadi menguranginya bisa membantu.

Namun, perlu diingat bahwa kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk menyediakan serat yang penting untuk kesehatan usus, jadi Anda tidak boleh menghentikannya jika tidak perlu.

"Sebagai aturan praktis, diet yang memiliki lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak protein menyebabkan kembung lebih sedikit," kata Rezaie.

YesDok Ads