0 Point
madu

Madu Untuk Obat Asam Lambung, Efektifkah?

Penyakit lambung sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah asam lambung. Asam lambung sebuah penyakit pencernaan dimana asam lambung atau empedu mengiritasi dalam saluran cerna. Lalu asam lambung mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Itu kenapa, penyakit asam lambung ini juga dikenal sebagai GERD. Banyak yang beranggapan bahwa madu dapat menjadi obat alami untuk mengatasi asam lambung. Benarkah demikian?

Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan asam lambung beberapa kali dalam seminggu. Bahkan penyakit asam lambung ini termasuk pada penyakit kronis  Asam lambung merupakan sebuah cairan dalam lambung yang memiliki tingkat kadar keasaman tertentu. Asam lambung ini memiliki fungsi untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat dalam makanan dan memecah makanan menjadi partikel berukuran kecil agar lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Gejalanya meliputi nyeri panas di dada yang biasanya terjadi setelah makan dan semakin memburuk saat berbaring. Penyebab GERD ini bisa dipengaruhi oleh kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Dimana jika kebiasaan tersebut dilakukan secara berlebihan maka dapat memicu naiknya asam lambung. Selain itu, naiknya asam lambung dapat dipicu oleh hal telat makan dan juga kekenyangan.

Naiknya asam lambung memang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Kini banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung. Salah satu obat alami asam yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung adalah madu. Cara menggunakannya pun mudah, Anda cukup mencampur madu ke dalam minuman teh atau minuman jahe sebagai pemanis. Madu juga bisa langsung Anda konsumsi tanpa dicampur apapun dengan takaran  satu sendok teh saja. 

Madu dikenal baik untuk kesehatan karena mengandung antibakteri. Khasiatnya untuk mengatasi masalah asam lambung ini mungkin karena madu mampu melindungi lapisan organ kerongkongan dari efek naiknya asam lambung. Oleh karena itu, Ketika terjadi iritasi akibat asam lambung, madu bekerja untuk mengurangi peradangan. Meski begitu, madu hanya memberikan perlindungan sementara waktu saja. Selain itu, butuh penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitas madu sebagai obat alami untuk mengatasi refluks asam.

(Foto: healtline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok