Liu Zhiming, dokter senior di Wuhan meninggal akibat virus corona

February 19, 2020 | Kaifia

Dokter di Wuhan sedang melawan virus corona.

Salah satu dokter paling senior di Wuhan dikabarkan meninggal karena tertular virus corona ketika pihak berwenang memulai kampanye besar-besaran di dalam kota untuk mencari pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Liu Zhiming berkontribusi besar dalam melawan virus corona  sejak awal dan telah mengendalikan Covid-19, kata komisi kesehatan kota Wuhan. Selama proses itu, "sayangnya dia terinfeksi dan meninggal pada Selasa tanggal 18 Februari 2020 pukul 10:54 kemarin di usia 51 setelah upaya habis-habisan untuk menyelamatkannya gagal", kata komisi itu.

Konfirmasi juga muncul dari mantan direktur rumah sakit pengobatan Cina kota Ezhou di provinsi Hubei. Seorang perawat di rumah sakit mengkonfirmasi kematian Liu Zhiming pada hari Selasa, menurut laporan di media pemerintah.

Media pemerintah China melaporkan pemeriksaan rumah ke rumah baru di Wuhan, sebuah kota berpenduduk 11 juta orang di pusat wabah itu, yang bertujuan mencari dan mengumpulkan semua pasien yang terinfeksi. Media pemerintah mengatakan siapa pun yang dicurigai memiliki virus akan menghadapi tes wajib dan siapa pun yang memiliki kontak dekat dengan pasien virus akan dikarantina.

Virus corona kini menjadi "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," karena menewaskan lebih dari 1.600 orang dan menginfeksi lebih dari 69.000 di seluruh dunia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan virus ini akan terus menyebar setelah tahun ini.

Hingga kini, kasus virus corona masih negatif di Indonesia, tetapi kita semua harus tetap terjaga untuk melindungi diri dari virus ini.

Bagaimana melindungi diri Anda dari virus corona?

YesDok Ads

  • Jika Anda yang merasa sakit, tutuplah seluruh mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Tetapi, jangan menggunakan tangan Anda, gunakan siku Anda untuk menutup bersin atau gunakan tisu yang bersih.

  • WHO menuturkan bahwa jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang terinfeksi atau apabila orang tersebut sedang sakit.

  • Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit, terutama orang yang memiliki gejala pernapasan dan demam.

  • Permukaan dan benda-benda harus selalu dijaga agar bersih, seperti gagang pintu, dengan desinfektan.

  • Jika Anda bepergian ke mana pun, Anda harus selalu memakai masker dan praktikan hal-hal diatas.

  • Tetap di rumah saat Anda sakit.

(Foto: aljazeera.com)

YesDok Ads