Lelah Terus? Mungkin Ini Penyebabnya

February 26, 2022 | Claudia

Lelah

Lelah merupakan perasaan yang wajar, terutama setelah Anda melakukan aktivitas berat dan kesibukan yang padat. Namun, merasa lelah sepanjang waktu, bahkan setelah Anda menghabiskan waktu lama untuk beristirahat, tentu ini bukan hal yang wajar.

Kelelahan ekstrem bisa saja menjadi tanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh Anda. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda lelah sepanjang waktu:

Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis merupakan kondisi yang lebih parah dari sekadar kelelahan biasa. Meskipun Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat, tetap saja ini tidak bisa menghilangkan gejala kelelahan kronis.

Tidak obat yang dapat menyembuhkan kondisi ini. Langkah terbaik adalah dengan meninjau dan mengubah gaya hidup Anda. Mulai berolahraga, cukup tidur, dan konsumsi makanan sehat dapat banyak membantu Anda menangani masalah ini.

Anemia

YesDok Ads

Anemia berarti Anda tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kurang oksigen akan mengakibatkan energi Anda menurun dan Anda akan mudah lelah.

Sebuah tes sederhana dapat memastikan, apakah Anda menderita anemia atau tidak. Pengobatan anemia tergantung dari apa yang menyebabkan Anda kekurangan sel darah merah. Jika terlalu parah, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau mungkin meninjau ulang pola diet Anda.

Sleep apnea

Sleep apnea sebenarnya lebih dari sekadar gangguan tidur. Sleep apnea bisa disebabkan karena kelainan struktur hidung dan tenggorokan.Ini lebih sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Akibat waktu tidur yang kurang, maka tubuh pun akan kehilangan banyak energi.

(Foto: lifehack.org)

YesDok Ads