Lelah Bekerja Sebabkan Wanita Sulit Hamil, Benarkah?

February 22, 2020 | Aqiyu

Wanita yang kelelahan bekerja

Sudah lama berumah tangga namun tak kunjung mendapatkan momongan adalah salah satu masalah yang timbul dalam rumah tangga. Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang wanita yang menikah tapi kesulitan hamil.

Selain faktor kelainan bawaan, kondisi mental dan fisik seseorang dipercaya juga punya nadil dalam masalah kesuburan. Fakta mengejutkan adalah wanita yang terlalu sibuk bekerja kerap dilanda rasa lelah dan letih sesampainya dirumah. Akibatnya, seorang wanita bisa saja kehilangan gairah untuk melakukan hubungan seks. Serta rasa lelah yang berlebihan dapat menggangu kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard TH Chan School of Public di Boston, Amerika Serikat menjelaskan bahwa kesibukan bekerja dapat menyebabkan seorang wanita jarang melakukan hubungan seksual karena terlanjur kelelahan.

Salah satu kondisi yang dianggap bisa mempersulit seorang wanita untuk bisa hamil dan melahirkan adalah rasa lelah yang berlebihan akibat bekerja. Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita yang bekerja lebih lama dari 40 jam per minggu memiliki kemungkinan peluang untuk hamil 20% lebih lama ketimbang mereka yang bekerja dengan jam yang lebih sedikit.

YesDok Ads

Belum lagi, rasa lelah ini memicu timbulnya stres. Apalagi stres diketahui adalah salah satu penyebab paling ampuh yang bisa bikin hormon tidak seimbang. Ketika seseorang dilanda stres maka kadar hormon estrogen menurun dan menaikkan kadar hormon androgen. Pasalnya, bila kadar hormon androgen dalam darah banyak, maka membuat wanita sulit hamil.

Disamping itu, terpapar polusi udara dalam jangka waktu lama karena jarak kantor dan rumah yang terlalu jauh juga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Hal ini dikarenakan polusi udara bisa memicu munculnya endometriosis. Serta tekanan dari pekerjaan bisa mengganggu kesehatan mental. Tanpa disadari kesehatan mental yang terganggu dapat memperburuk suasana hati.

Untuk itu, jika Anda sedang melakukan program hamil dan ingin cepat hamil, sebaiknya menghindari stres dan rasa lelah yang berlebihan. Meski lelah bekerja, usahakan agar Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak memforsir tenaga yang dikeluarkan. Dengarkan tubuh Anda, jika lelah beristirahatlah.   

(Foto: the telegraph)

YesDok Ads