Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah? Begini Caranya

April 15, 2020 | Helmi

kerja di rumah

Pandemi coronavirus yang tiba-tiba menghantam kita secara tak terduga dan memaksa kita semua untuk tetap berada di dalam rumah, banyak orang terpaksa melakukan berbagai kegiatan di dalam rumah, termasuk bekerja.

Bagi sebagian orang, kenyataannya adalah bahwa bekerja dari rumah tidak selalu berjalan seperti seharusnya dan dapat mengurangi produktivitas.

Ada beberapa faktor yang berperan, dan jika Anda memiliki ruang terbatas di rumah Anda, maka itu bahkan bisa lebih sulit. Jadi bagaimana Anda bisa tetap produktif saat kerja di rumah?

Buat ruang kerja Anda sendiri

Tergantung pada apa yang Anda miliki, ini berkisar dari memiliki ruang khusus Anda sendiri ke sudut di rumah di mana Anda dapat fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Taruh barang-barang kantor Anda di dalamnya, tetapi pastikan untuk membersihkannya di akhir hari. Ini akan membantu menciptakan perbedaan antara "rumah" dan "kantor" dan akan membantu Anda fokus saat Anda sedang bekerja. Ini juga memberi tahu keluarga Anda jika Anda tidak ingin diganggu.

Gunakan pencahayaan yang tepat

YesDok Ads

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi tubuh kita sebenarnya bereaksi berbeda terhadap pencahayaan, dan merupakan faktor apakah kita akan produktif atau hanya tidur sepanjang hari. Dengan demikian, pastikan bahwa rumah Anda memiliki pencahayaan alami maksimal. Ini juga meningkatkan kadar vitamin D Anda, yang berperan dalam banyak fungsi tubuh yang penting.

Manfaatkan tanaman

Menurut penelitian, menambahkan tanaman di area ruang kerja membantu mengurangi tingkat stres. Karena itu, tempatkan tanaman berukuran sedang yang memberi Anda sesuatu yang bagus untuk dilihat. Selain itu, tanaman juga berfungsi menyerap polutan di udara dan memberi Anda oksigen.

Gunakan pakaian kerja

Menempatkan lebih banyak upaya dalam cara Anda berpakaian juga akan membantu pola pikir Anda bahwa Anda seharusnya bekerja, dan tidak hanya bersantai. Jadi berpakaian seolah-olah Anda pergi ke kantor bisa membuat Anda harus produktif selayaknya saat berada di kantor.

(Foto: Freepik/bignai)

YesDok Ads