Diet
+1

Lawan Penyakit Ginjal dengan Makanan Sehat Ini

September 18, 2019 | Kaifia

Ginjal adalah organ kecil di perut bagian bawah yang memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa makanan dapat meningkatkan kinerja ginjal, sementara yang lain dapat membuat mereka stres dan menyebabkan kerusakan.

Mereka bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit.

Ginjal melakukan tugas-tugas ini tanpa bantuan dari organ tubuh lain. Beberapa kondisi, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk berfungsi.

Mengikuti diet ginjal sehat dapat membantu ginjal untuk berfungsi dengan baik dan mencegah penyakit ginjal. Berikut makanan atau minuman yang perlu Anda konsumsi apabila Anda menginginkan ginjal yang sehat:

Air 

Air adalah minuman paling penting bagi tubuh. Sel-sel menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah.

Ginjal kemudian menggunakan air untuk menyaring racun ini dan mengangkutnya keluar melalui urin.

Ubi jalar

Ubi jalar mirip dengan kentang putih, tetapi ubi jalar memiliki serat yang berlebih yang dapat menghasilkan lebih sedikit lonjakan kadar insulin. Ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi pengaruhnya pada ginjal.

YesDok Ads

Sayuran berdaun hijau tua

Bayam, kale dan daun swiss chard adalah makanan pokok yang mengandung beragam vitamin, serat, dan mineral. Mereka  juga yang mengandung senyawa pelindung, seperti antioksidan.

Namun, makanan ini juga cenderung tinggi kalium, sehingga mereka mungkin tidak cocok untuk orang-orang dengan diet terbatas atau mereka yang menjalani dialisis.

Apel

Siapa yang tidak tahu salah satu buah sehat ini ternyata sehat bagi ginjal Anda. Apel mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, seperti kadar gula darah dan kolesterol tinggi.

Beri

Beri, termasuk stroberi, blueberry, dan raspberry, adalah sumber yang bagus dari banyak nutrisi bermanfaat dan senyawa antioksidan. Ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

(Foto: dynamitenews.com)

YesDok Ads