Lawan Corona, Ini Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

March 22, 2020 | Aqiyu

Olahraga

Virus corona kini telah menjadi pandemik. Di Indonesia sendiri penderita virus corona semakin bertambah. Meski begitu, kabar baiknya diantara mereka ada yang dinyatakan sembuh. Selain perawatan yang intens, kunci sukses para pasien corona yang dinyatakan sembuh adalah kekebalan tubuh.

Tidak semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Sistem kekebalan tubuh dapat menurun saat tubuh merasa lelah, kekurangan asupan bergizi, stres dan kurang vitamin. Padahal sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diantaranya:

Mandi air dingin

Menurut beberapa ahli, mandi air dingin memiliki banyak manfaat. salah satunya bagi sistem kekebalan tubuh. Dimana mandi air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih. Sel darah putih sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan penyakit.

Berhubungan intim

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Wilkes University mengatakan bahwa berhubungan intim dengan pasangan 1-2 kali dalam seminggu dapat meningkatkan antibodi sehingga dapat tubuh mampu melawan segala macam penyakit termasuk serangan virus.

YesDok Ads

Rempah-rempah

Memasukkan rempah-rempah ke dalam makanan adalah pilihan terbaik saat ini. Rempah-rempah seperti kunyit dan oregano biasanya digunakan sebagai bahan untuk obat herbal dan memiliki sifat mengobati. Sedangkan bahan dapur seperti bawang putih dan jamur memiliki sifat anti-peradangan dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Istirahat yang cukup

Imunitas tubuh dapat menurun saat tubuh lelah dan mengalami stres. Agar tubuh tetap fit, Anda harus mendapatkan istirahat yang cukup, minimal tidur selama 7-9 jam dalam sehari. Jangan memaksa tubuh untuk terus beraktivitas disaat tubuh seharusnya beristirahat.

Pola hidup sehat

Sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat jika Anda menerapkan pola hidup yang sehat. Anda bisa berolahraga selama 30 menit dalam sehari, memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas dalam sehari, mengonsumsi buah dan sayur serta menghindari rokok dan alkohol. 

(Foto: harvard health)

YesDok Ads