Latihan yang Bisa Dilakukan dan Harus Dihindari Selama Kehamilan

November 15, 2021 | Iman

Olahraga ibu hamil

Banyak orang masih memiliki kesalahpahaman bahwa ibu hamil tidak boleh berolahraga. Faktanya, studi membuktikan bahwa tetap aktif secara fisik dan berolahraga dapat memiliki manfaat kesehatan bagi ibu dan bayinya.

Dari perasaan yang sangat gembira menjadi seorang ibu baru hingga ketakutan akan apa yang terjadi jika terjadi sesuatu, hati seorang ibu penuh dengan emosi yang berbeda selama kehamilan.

Berlawanan dengan mitos bahwa seseorang harus menghindari berolahraga, tetap aktif secara fisik memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi ibu dan bayinya. Hal ini dapat membantu Anda tetap bugar. 150 menit aktivitas fisik dianjurkan setiap minggu dan dengan demikian kehamilan tidak boleh menghalangi pencapaian tujuan kebugaran.

Berikut adalah beberapa latihan terbaik yang dapat dilakukan selama kehamilan.

1. Side-lying leg raises

Untuk melakukan latihan ini, berbaringlah dengan nyaman di atas matras. Lalu putar ke sisi Anda dan sandarkan kepala Anda di lengan Anda untuk menopang. Letakkan tangan Anda yang lain di pinggang, angkat kaki Anda ke samping dan turunkan. Ulangi latihan 10 kali dan kemudian ganti sisi.

2. Squats

YesDok Ads

Untuk melakukan squat, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu. Satukan tangan Anda dan turunkan tubuh Anda. Pastikan pinggul Anda sejajar dengan lantai. Ulangi 15-20 kali atau sesuaikan dengan kemampuan Anda.

3. Knee pushups

Untuk melakukan latihan ini, ambil posisi plank dan letakkan lutut di atas matras. Angkat kaki bagian bawah sehingga membentuk sudut 45 derajat ke matras. Sekarang turunkan tubuh bagian atas Anda menggunakan kekuatan tangan Anda dan angkat kembali. Ulangi 10-15 kali.

Berolahraga dapat menjadi terapi selama kehamilan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan hati-hati. Berikut adalah beberapa latihan yang harus dihindari:

- Berolahraga olahraga seperti squash, kickboxing, basket, berkuda harus dihindari selama kehamilan.
- Latihan intensitas tinggi yang dapat membuat tubuh terlalu panas juga harus dihindari.
- Latihan yang mengharuskan berbaring telentang terlalu lama juga harus dihindari.
- Mendaki gunung harus dihindari
- Olahraga air juga harus dihindari.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads