Latihan Pernapasan Perut Untuk Bantu Lahiran Normal

September 12, 2021 | Aqiyu

melahirkan normal

Setiap ibu hamil menginginkan proses persalinan yang lancar dan cepat. Bagi ibu hamil yang tidak mengalami komplikasi dapat melahirkan normal. Mendekati hari persalinan ibu hamil dapat latihan pernapasan perut yang dapat membantu lahiran normal.

Faktanya, salah satu kunci sukses melahirkan normal tanpa hambatan adalah pernapasan. Manfaat ibu hamil perlu mempelajari teknik pernapasan perut adalah membantu janin dapat asupan oksigen yang optimal. Mengurangi stress dan kecemasan jelang persalinan serta membantu ibu hamil mengelola nyeri kontraksi dan persalinan.  Cara belly breath untuk bantu proses lahiran sebagai berikut:

  1. Ambil posisi berbaring dengan punggung dan lutut ditekuk.
  2. Letakkan tangan kanan di perut dan tangan kiri di dada.
  3. Tarik napas melalui hidung dan hindari dada tetap diam sehingga perut mendorong ke atas.
  4. Buang napas dan rasakan perut.

Seperti dilansir dari dari babycenter, teknik pernapasan yang benar bukan hanya memaksimalkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru ibu dan bayi, tetapi juga memudahkan persalinan. Dengan latihan pernapasan perut, Anda juga dapat menghindari risiko proses persalinan dengan bantuan seperti induksi ataupun operasi caesar.

YesDok Ads

Jika ibu hamil saat proses persalinan tidak dapat mengatur napas dengan baik dan bernapas dengan cepat maka dampaknya akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan oksigen. Padahal oksigen yang mengalir dengan baik dalam tubuh mampu membuat ibu hamil merasa lebih tenang dan perasaan yang baik. Serta membuat tenaga untuk mengejan lebih besar.

Sementara saat proses persalinan berlangsung, teknik pernapasan yang dapat dilakukan adalah teknik pernapasan rileks dan berfokus pada kata ri-leks setiap kali mengambil dan membuang napas. Agar napas lebih teratur, Anda dapat memperhitungkan saat mengambil dan menghembuskan napas.  Teknik pernapasan yang baik adalah menarik napas melalui hidung dan mengeluarkannya lewat mulut.

(Foto: daily nurse)

YesDok Ads