Latihan Fisik Untuk Penderita Parkinson

November 15, 2019 | Kaifia

Hingga saat ini, penyakit parkinson memang belum bisa disembuhkan. Namun gejalanya bisa diatasi dengan pemberian obat-obatan tertentu, olahraga, fisioterapi hingga menggunakan sebuah teknologi baru berupa operasi Deep Brain Stimulation atau DBS. Meskipun parkinson tidak bisa disembuhkan, namun dapat diobati untuk memperlambat tahapan penyakit ini. Standar dasar pengobatan penyakit parkinson memang terlihat agak rumit dan kompleks.

Selain mengonsumsi obat, penderita parkinson juga perlu melakukan latihan fisik untuk memperkuat tulang, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan mencegah kekakuan sendi. Cara ini sangat disarankan dengan tujuan untuk membuat penderita parkinson lebih bahagia di usia lanjut. Berikut beberapa tips latihan fisik yang bisa membantu penderita penyakit parkinson.

Pemanasan rutin

Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan fisik dan pendinginan di akhir latihan agar tubuh tidak mudah kaku.

Latihan fisik selama 30 menit

Lakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari, diawali dengan sesi- sesi pendek selama 10 menit yang kemudian semakin berkembang intensitasnya.

Latihan otot bagian wajah, rahang, dan suara

Lakukan dengan cara menggerak-gerakkan wajah dan rahang sambil mengeluarkan suara, misalnya dengan bernyanyi, membaca sesuatu dengan suara keras dan menggerakkan bibir atau mengunyah makanan yang keras.

Latihan fisik di dalam air

Anda juga bisa melakukan latihan fisik di dalam air seperti berenang. Latihan fisik ini lebih ringan bagi sendi dan tidak membutuhkan banyak keseimbangan tubuh.

YesDok Ads

Cari tempat yang aman

Lakukan olahraga di tempat yang aman, misalnya hindari lantai licin, atau ruangan gelap.

Gunakan alat bantu

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan tubuh, lakukan olahraga dengan bantuan pegangan pada benda yang kokoh. Sementara, bila Anda merasa sangat kesulitan untuk berdiri atau bangkit dari posisi tidur, maka lakukan latihan fisik di atas tempat tidur.

Hentikan latihan jika timbul rasa sakit

Hindari memaksakan diri saat melakukan latihan, apalagi bila Anda sudah merasa kelelahan atau merasakan sakit.

Cari aktivitas favorit

Pilihlah aktivitas yang paling Anda senangi agar bisa dilakukan secara konsisten. Anda bisa mencoba berkebun, berjalan, yoga, berenang, atau tai chi.

(Foto: businessinsider.com)

YesDok Ads