Latihan Fisik Khusus Bagi Pengidap Osteoporosis

April 12, 2022 | Kaifia

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi serius dimana tulang secara bertahap kehilangan kepadatannya secara keseluruhan.

Pengidap kondisi ini perlu berlatih untuk memastikan bahwa mereka tetap menjaga tulang mereka sekuat mungkin. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan beban saat berjalan yang mampu membantu kondisi osteoporosis.

Studi menunjukkan bahwa latihan kekuatan dalam periode waktu tertentu bisa membantu mencegah keropos tulang. 

Tidak ada bukti bahwa hanya jalan kaki meningkatkan massa tulang, namun ada beberapa bukti yang berjalan sembari mengenakan beban bisa membantu.

Untuk memperkuat otot dan tulang, berikut adalah beberapa metode yang bisa memberikan resistensi yaitu termasuk

  • Latihan beban
  • Senam
  • Berlatih menggunakan kettlebell atau dumbbell

Peralatan khusus juga memungkinkan seseorang menambah beban pada rutinitas berjalan mereka.

YesDok Ads

Salah satunya yaitu rompi berbobot, bisa digunakan bagi penderita osteoporosis sebagai bagian dari latihan resistensi saat berjalan. 

Berbagai rompi pemberat berisi kompartemen untuk pemberat yang bisa dilepas. Anda bisa menggantikannya dengan bobot yang lebih berat atau lebih ringan, tergantung pada kebutuhan mereka. 

Rompi ini harus cukup pas di badan sehingga beban tidak bergerak tetap cukup longgar sehingga individu mampu memiliki mobilitas dan kelonggaran penuh saat dipakai untuk berjalan cepat. 

Ketika seseorang sudah mencapai titik kenyamanan tanpa merasa rasa sakit saat menggunakan ini, mereka bisa menambah beban.

Selain itu, latihan fleksibilitas juga berperan penting untuk osteoporosis. Memiliki sendi yang fleksibel mampu membantu mencegah seseorang dari cedera. Berikut adalah beberapa contoh latihan fleksibilitas yang mampu membantu gejala osteoporosis, antara lain

  • Yoga
  • Tai chi
  • Sering lakukan peregangan secara rutin
YesDok Ads