0 Point

Langkah Sederhana Atasi Berjam-jam Duduk di Depan Komputer

Perlu diakui banyak dari kita sebagian pegawai urban perkotaan menghabiskan diri di depan komputer sepanjang hari. Kita semua dipaksa terpaku di depan layar 6 hingga 10 jam tanpa banyak gerak aktivitas. Kebiasaan rutin ini bisa menjadi amat menggangu kesehat Anda jangka panjang.


Duduk berlama-lama di depan meja kerja sebetulnya tidak separah yang Anda pikirkan jika dilakukan dengan bijak. Dilansir Times of India, berikut langkah yang dapat membantu Anda sehat meski aktivitas di depan computer.


1. Tetap pada Postur yang Benar

Jika Anda melihat layar terlalu jauh dari garis pandang, Anda mungkin mengalami sakit punggung dan leher. Bahkan, jika Anda menatap terlalu ke atas, Anda akan mengalami mata kering. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan dudukan komputer atau setumpuk buku untuk mengatur posisi laptop Anda sedemikian rupa sehingga Anda tidak harus melihat ke bawah pada sudut maksimal 10 derajat.

 
Sakit leher dan punggung sangat umum terjadi ketika Anda duduk di depan komputer selama berjam-jam. Menurut para ahli, bagian atas layar Anda harus berada pada tingkat yang sama dengan mata Anda agar lebih mudah bagi Anda untuk duduk tegak.

 
2. Jaga Hidrasi Tubuh

Cukup sering, haus disalahartikan sebagai kelaparan, yang membuat kita makan berlebihan. Bahkan kantuk kadang-kadang disebabkan oleh dehidrasi. Dengan demikian, sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi untuk menjaga kesehatan yang baik. Secara tidak sadar, mengambil air isi ulang pada di dispenser membantu Anda untuk tetap aktif bergerak.


3. Hindari Gunakan Lift

Jika kantor Anda berada di lantai dua atau tiga, tak ada salahnya pilih naik tangga sesering mungkin. Atau jika Anda berkendara ke tempat kerja, cobalah memarkir agak jauh sehingga Anda memiliki kesempatan untuk berjalan kaki. Meski hanya beberapa meter, berjala membantu menjaga kekuatan otot Anda.

 
4. Banyak Berkedip

Ketika Anda duduk di depan komputer, Anda harus lebih sering berkedip mata. Sebuah penelitian menyebut bahwa ketika diri terpaku pada layar, maka mata bekerja tiga kali lebih sedikit berkedip dari biasanya. Tidak ada salahnya juga dikombinasikan jika Anda memasang alarm setiap 30 hingga 60 menit agar diri terbiasa bergerak dan menghindari otot tegang.

 
5. Rutin Cuci Tangan

Sering-sering mencuci tangan adalah cara terbaik untuk memproteksi diri dari rekan dan alat kantor yang mungkin tidak sehat. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet dan setelah bersin dan batuk.

(Foto: dissolve.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok