Langkah Mudah Bersihkan Paru-Paru

November 23, 2019 | Iman

Kualitas udara di kota-kota besar Indonesia semakin menjadi. Berdasarkan pantauan aplikasi AirVisual pagi hari, indeks kualitas udara Jakarta saja menunjukkanan angka 162 AQI US masuk kategori tidak sehat. Jakarta menempati urutan keempat kualitas udara terburuk di bawah Delhi, Karachi dan Lahore.

 
Paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan penyakit paru-paru kronis lainnya. Hampir tidak mungkin untuk menghindari paparan udara berbahaya, terutama ketika Anda disibukkan di luar rumah setiap hari. Paru-paru manusia adalah salah satu organ terpenting tubuh. Bayangkan, tidak adanya cara khusus yang Anda lakukan untuk melindunginya setiap hari.


Meskipun paru-paru memiliki cara mendetoks diri sendiri, namun tetap akan kalah jika polusi jahat yang masuk lebih banyak. Paru-paru kita tidak hanya terkontaminasi oleh partikel debu kecil, tetapi serbuk sari, bahan kimia, dan asap rokok juga bisa masuk ke paru-paru dan terperangkap di dalamnya. Dilansir Times of India, sebetulnya ada beberapa cara alami untuk mendetoksifikasi paru-paru.


1. Terapi Uap

Terapi uap adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan paru-paru. Menghirup uap dikatakan dapat membantu paru-paru untuk mengeringkan lendir. Karena masalah polusi udara meningkat selama musim dingin karena pergerakan angin yang lambat. Sangat baik untuk mencoba terapi uap setiap hari untuk membersihkan saluran udara Anda yang padat. Menghirup uap air dapat membantu bernafas dengan mudah dalam waktu singkat.


2. Kontrol Batuk

Batuk kering sering terjadi selama kondisi lingkungan buruk. Dengan batuk, tubuh kita mengeluarkan debu dan lendir yang terperangkap dari tubuh. Jadi, jangan menekan batuk Anda dan cobalah untuk berlatih mengontrol keluarnya batuk.

 
3. Teh Hijau

YesDok Ads

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan dan bahkan bermanfaat  bagi paru-paru Anda. Teh hijau dikemas dengan antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa lain yang ada dalam teh hijau bahkan dapat membantu melindungi jaringan halus paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan udara yang buruk. Sesuai penelitian yang dilakukan pada lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea Selatan, orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau setiap hari memiliki paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

 
4. Makan Sayur Anti Peradangan

Beberapa makanan anti peradangan juga dapat membersihkan saluran udara Anda dan membantu Anda mengatasi kesulitan bernapas. Coba sertakan kunyit, ceri, zaitun, kenari dan kacang-kacangan dalam makanan yang Anda pilih.  Penting juga hindari makanan cepat saji terlalu sering.


5. Madu

Madu memiliki antioksidan alami, antimikroba, sifat anti peradangan yang membantu membersihkan masalah paru-paru. Pemanis alami ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk menenangkan iritasi paru-paru dan mengobati berbagai kondisi pernapasan, termasuk asma, TBC, dan infeksi tenggorokan.


Tidak hanya melalui makanan, Anda dapat investasi merawat paru-paru dengan cara lain, seperti memperhatikan kebersihan rumah, jauhi paparan asap, hingga menanam tanaman hijau di pekarangan rumah.

(Foto: kent.co.in)

YesDok Ads