Langkah Mencegah Penyebaran Cacar Monyet

August 27, 2022 | Iman

Langkah Mencegah Penyebaran Cacar Monyet

WHO telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Lebih dari 16.000 kasus sudah tersebar di dunia. Cacar monyet merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh hewan ke manusia dan disebabkan oleh virus Monkeypox. 

Virus Monkeypox merupakan anggota genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae adalah penyakit zoonosis virus yang terjadi terutama di daerah hutan hujan tropis Afrika tengah dan Barat.

Cacar monyet biasanya memiliki gejala klinis demam, ruam kulot, pembengkakan kelenjar getah bening, dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis. Cacar monyet biasanya merupakan penyakit yang sembuh dengan gejala yang berlangsung dari 2 hingga 4 minggu. Kasus yang parah dapat terjadi dengan rasio kasus kematian meningkat sekitar 3-6%.

Penularan cacar monyet antar manusia dapat terjadi melalui kontrak langsung pada lesi kulit atau mukosa orang yang terinfeksi, cairan tubuh, hingga droplet, dari saluran pernapasan. Laju penyebaran virus ini tergolong rendah, namun tetap berisiko adanya penyebaran lebih lanjut secara global.

Tujuan dari penetapan status darurat oleh WHO adalah sebagai usaha pembatasan penyebaran virus dan percepatan pengembangan vaksin. Hingga saat ini belum ada laporan atas kasus cacar monyet di Indonesia.

Langkah Preventif Penyebaran Cacar Monyet : 

- Terapkan pola hidup sehat 

YesDok Ads

- Menggunakan masker 

- Hindari kerumunan 

- Kurangi konsumsi daging kurang matang 

- Rajin mencuci tangan dengan sabun

Vaksinasi cacar dalam beberpa penelitian observasional sekitar 85% efektif dalam mencegah cacar monyet dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih ringan. Bukti vasinasi sebelumnya terhadap cacar biasanya dapat ditemukan sebagai bekas luka di lengan atas. 

(Foto: alamance county)

YesDok Ads