Langkah Jitu Cegah Flu di Musim Hujan

November 29, 2021 | Iman

Flu

Ada lonjakan kasus flu biasa, yang tidak mengejutkan sepanjang tahun ini terutama di musim hujan. Flu, sakit kepala, nyeri tubuh, dan sakit tenggorokan dapat membuat tidak nyaman untuk melakukan tugas sehari-hari, dan yang ingin kita lakukan hanya meringkuk di tempat tidur dan meminum hidangan hangat sepanjang hari.

Tentu, tidak ada yang suka sakit dan berbaring di tempat tidur sepanjang hari. Jadi, daripada meminum obat tertentu untuk meredakan hidung tersumbat, lebih baik menghentikan flu bahkan sebelum lebih parah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah flu di musim hujan agar tetap bugar dan aktif.

1. Cuci tangan

Pandemi memberikan pelajaran penting untuk mencuci tangan dengan baik sebelum makan atau menyentuh wajah untuk mengurangi risiko infeksi Covid-19. Virus penyebab flu menyebar dari batuk dan bersin orang yang terinfeksi, yang dapat bertahan hidup di tangan dan permukaan selama 24 jam. Jadi, cuci tangan Anda dengan baik dengan sabun dan air sebelum makan atau menyentuh wajah Anda.

2. Minum cukup air

Di musim hujan umumnya, tingkat asupan air harian Anda menurun. Karena cuaca dingin, kita mungkin tidak merasa haus, ini justru keliru. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mencegah kita jatuh sakit. Jadi, kalaupun ingin tetap sehat, minumlah air putih minimal 2 liter dalam sehari. Anda bahkan dapat mengonsumsi buah, sup dan kaldu untuk meningkatkan tingkat asupan cairan Anda.

YesDok Ads

3. Makan sehat

Makan makanan yang sehat dan seimbang selama musim hujan adalah kuncinya. Berikan perhatian khusus pada tingkat asupan seng dan vitamin D Anda. Kedua nutrisi ini membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko jatuh sakit. Makan lebih banyak sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan.

4. Tidur cukup dan teratur

Tidur yang cukup sangat penting bagi kita untuk melawan dan mencegah masuk angin. Kualitas tidur yang buruk membuat tubuh lebih sulit melawan virus dan infeksi. Ketika kita mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari, tubuh kita memproduksi dan melepaskan sitokin, jenis protein yang menargetkan infeksi dan peradangan. Jadi, pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap aktif.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads