Langkah Jitu Atasi Kembung dengan Cepat

April 24, 2022 | Iman

Perut kembung

Merasa kembung setiap tentu bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman jika  Anda berada di tengah-tengah momen yang penting.

Kembung dapat menyebabkan kegelisahan, ketidaknyamanan dan kesulitan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dihadapi. Hal ini biasanya terjadi karena penumpukan gas di saluran pencernaan (GI), yang dapat terjadi karena beberapa alasan. Berikut adalah lima cara atasi kembung yang efektif.

Memijat perut

Memijat perut dengan lembut juga dapat membantu memindahkan gas ke perut bagian bawah dan mengeluarkannya dari tubuh. Pijat harus dilakukan dengan cara tertentu, mengikuti jalur usus besar untuk mendapatkan hasil yang cepat. Letakkan tangan di atas tulang pinggul kanan dan gosok dengan gerakan melingkar dengan tangan ringan ke arah sisi tulang rusuk. Ulangi proses untuk sementara waktu.

Mandi air hangat

Mandi air hangat yang menenangkan untuk waktu yang lama juga merupakan obat yang efektif untuk menghilangkan kembung. Panasnya mandi air hangat dapat meredakan sakit perut dan juga membantu Anda mengatasi penumpukan gas. Melakukan hal ini bahkan dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda dan meningkatkan efektivitas saluran GI Anda.

Minum teh hijau

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu Anda mengatasi masalah kembung dan memakannya saat merasa kenyang bisa membantu mengeluarkan gas. Pertama-tama, tingkatkan asupan air, lalu Anda juga bisa mencoba teh hijau. Selain itu, pisang dan yoghurt sangat baik untuk mereka yang menderita masalah kembung.

Lakukan latihan ringan

Saat merasa kenyang atau kembung, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Menggerakkan tubuh Anda mengkontraksikan otot-otot perut dan melepaskan kelebihan gas dari saluran pencernaan. 

Kondisi ini bisa membuat Anda merasa lebih ringan dan santai dalam beberapa menit. Gerakan gerakan yoga ringan seperti Child's pose cocok untuk menghilangkan masalah kembung.

YesDok Ads