Lakukan Kebiasaan Ini untuk Gusi yang Sehat

December 31, 2021 | Claudia

Gusi Sehat

Tak hanya kesehatan gigi, kesehatan gusi juga sama pentingnya. Penyakit gusi sangat umum, dan sayangnya kebanyakan tidak menimbulkan rasa sakit di awal, sehingga banyak orang tidak menyadarinya.

Membiarkan penyakit gusi, sama saja menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan lainnya. Tak hanya menyebabkan gigi tanggal, penyakit gusi juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan infeksi paru-paru. Untuk itu, tidak sebaiknya Anda menyepelekannya, bukan?

Gusi yang sehat haruslah berwarna merah muda, kencang, dan mampu menahan gigi tetap pada tempatnya dengan aman. Jika gusi Anda berdarah saat Anda menyentuh atau menyikat gigi, ini bisa menjadi pertanda penyakit gusi. Dua bentuk penyakit gusi yang paling umum adalah gingivitis dan periodontitis, yakni kondisi gingivitis yang sudah sangat parah.

Lalu, bagaimana menjaga gusi Anda tetap sehat? Berikut kebiasaan yang harus mulai Anda terapkan untuk menjaga gusi Anda:

Sikat gigi dua kali sehari

Menjaga kebersihan mulut merupakan kunci utama. Sikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit, dan pastikan Anda tidak menyikat gigi Anda terlalu kencang. Menggunakan sikat gigi elektrik lebih disarankan, karena ini lebih efektif dalam mengurangi plak dan juga membantu Anda mencegah menyikat gigi terlalu keras, yang menyebabkan gusi menyusut. Selain itu, ganti sikat gigi secara berkala, yakni tiga sampai empat bulan, atau bisa juga ketika bulu sikat gigi mulai terlihat berantakan.

Gunakan pasta gigi berfluoride

Fluoride adalah mineral alami yang bermanfaat mengurangi jumlah asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak, dan juga membantu memperkuat email gigi melalui proses yang disebut remineralisasi. Pasta gigi yang mengandung sekitar 1.350 ppm sampai 1.500 ppm fluoride adalah yang paling efektif.

Bersihkan sela-sela gigi

Selain sikat gigi, juga sangat disarankan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Ini sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip, yang bisa menyebabkan penumpukan plak.

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Nutrisi yang buruk bisa menyebabkan kesehatan gusi yang buruk, terutama jika Anda kekurangan vitamin C, yang bisa menyebabkan gusi berdarah dan akhirnya gingivitis. Vitamin C dapat memperkuat gusi dan jaringan lunak di mulut, dan juga membantu menyembuhkan luka.

(Foto: woodyarddental.com)

YesDok Ads