Lakukan Ini untuk Hentikan Serangan Batuk

December 08, 2021 | Claudia

Batuk

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk membantu meredakan serangan batuk. Namun, cara terbaik untuk mengatasi batuk adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya.

Batuk adalah refleks alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau saat terpapar iritan atau benda asing lainnya di saluran udara. Batuk juga menjadi gejala dari banyak masalah kesehatan yang berbeda. Beberapa masalah kesehatan ini mungkin tidak berbahaya, namun ada juga yang bahkan bisa mengancam jiwa.

Ada beberapa hal yang bisa dicoba seseorang untuk menghentikan serangan batuk, yakni:

  • Banyak minum air putih
  • Minum air panas yang dicampur dengan madu
  • Minum obat batuk
  • Terapi uap
  • Menggunakan pelembap udara di rumah

Banyak kasus batuk yang terjadi akibat tenggorokan kering atau iritasi di tenggorokan. Cara-cara di atas juga termasuk membantu mengatasi kekeringan di tenggorokan, sehingga bisa meredakan batuk.

YesDok Ads

Untuk mencegah batuk, Anda harus bisa mengidentifikasi dan mengobati penyebab batuk terlebih dahulu. Seseorang dengan kondisi pernapasan kronis akan memerlukan perawatan medis untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan batuk.

Sementara seseorang yang mengalami batuk akibat alergi atau iritasi, mungkin harus mencoba membatasi diri mereka dengan paparan terhadap zat-zat alergen atau iritan yang bisa menyebabkan batuk.

Berhenti merokok juga sangat disarankan jika Anda ingin terbebas dari masalah batuk.

(Foto: abcnews.com)

YesDok Ads