0 Point
Suara hilang

Lakukan Ini Saat Suara Anda Hilang

Ketika seseorang kehilangan suaranya, biasanya ini terjadi akibat peradangan pada kotak suara, atau laring. Dokter menyebut kondisi ini sebagai radang laryngitis atau laringitis kotak suara. Mengistirahatkan suara, menghindari iritasi, dapat membantu mengembalikan suara Anda.

Laringitis akut adalah peradangan laring jangka pendek yang biasanya akan sembuh tanpa pengobatan tetapi dapat berlangsung selama beberapa minggu. Penggunaan suara yang berlebihan, infeksi saluran pernapasan atas, atau iritasi parah akibat asap dan polutan dapat menyebabkan laringitis akut.

Laringitis juga bisa menjadi kronis dan berlangsung lama. Refluks asam, alergi, merokok, dan beberapa infeksi bisa menyebabkan laringitis kronis.

Berikut ini merupakan beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan suara Anda kembali:

Istirahatkan suara

Ketika seseorang menderita radang tenggorokan, sangat penting untuk mengistirahatkan suara. Peradangan dan iritasi akan sembuh lebih cepat, jika seseorang menghindari penggunaan kotak suaranya sebanyak mungkin. Hindari juga berbisik, karena berbisik bisa membuat pita suara lebih tegang.

Hindari iritasi

Asap dapat mengiritasi pita suara dan dapat menunda waktu penyembuhan. Jika seorang perokok mengalami kondisi hilangnya suara akibat peradangan ini, maka hindari kegiatan merokok selama beberapa hari. Bahkan sangat disarankan untuk berhenti merokok sama sekali, karena ini juga bisa mengurangi risiko dari berbagai masalah kesehatan.

Seseorang dengan laringitis juga harus menghindari alkohol, karena ini dapat mengiritasi dan menyebabkan dehidrasi. Hindari juga lingkungan yang kering dan berdebu, yang bisa mengiritasi laring.

Minum banyak cairan

Saat mengalami radang tenggorokan, seseorang harus minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Air putih adalah cairan terbaik untuk menghindari dan mengatasi dehidrasi. Namun, cairan juga bisa didapat dari minuman hangat seperti teh, kaldu, kuah sup, yang dapat membantu menenangkan laring.’

Hindari minuman berkafein, seperti kopi atau teh hitam, karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

(Foto: toubiblib.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok