Lakukan Ini jika Alami Sakit Kepala saat Bangun Tidur

October 16, 2019 | Claudia

Beberapa orang mengeluhkan sakit kepala saat baru terbangun dari tidurnya. Padahal, tidur seharusnya menjadi waktu istirahat yang baik untuk memulihkan energi dan kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas. Lalu apa yang menyebabkan sakit kepala menyerang saat baru terbangun dari tidur?

Sakit kepala yang muncul saat Anda baru saja bangun tidur bisa terjadi akibat durasi tidur yang terlalu lama. Ini biasanya terjadi ketika akhir pekan, di mana Anda berniat “balas dendam” akibat kurang tidur di hari kerja. Pola tidur yang tak beraturan juga menjadi penyebab utama dari sakit kepala saat bangun tidur.

Agar bisa terhindar dari masalah ini setiap kali Anda terbangun dari tidur yang nyenyak, maka hal-hal berikut ini yang harus dilakukan:

Cukup tidur

Anda tak boleh menyepelekan waktu tidur Anda. Tidur adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Untuk itu tidur dalam waktu yang cukup sangat baik untuk mengisi ulang energi yang terpakai sehingga Anda bisa terbangun dengan kondisi yang segar tanpa disertai sakit kepala. Kurang tidur atau tidur dalam waktu yang lama bisa memicu sakit kepala sebab terjadi ketidakseimbangan Serotonin dan Neurotransmitter di dalam otak.

Kurangi konsumsi kafein

Bagi Anda yang sangat menyukai minuman berkafein seperti kopi atau teh, mungkin akan sulit untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman ini. Sayangnya hal ini harus dilakukan, sebab terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat kita sulit tidur di malam hari. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kurang tidur bisa memicu terjadinya sakit kepala saat bangun tidur.

YesDok Ads

Perbanyak minum air putih

Alih-alih mengonsumsi minuman berkafein, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini dengan lebih banyak mengonsumsi air putih. Air putih dapat menghidrasi tubuh dengan baik, sehingga mampu menghindarkan Anda dari kemungkinan sakit kepala saat terbangun dari tidur.

Minum teh jahe

Pilihan minuman lain yang baik untuk dikonsumsi secara rutin ialah teh jahe. Jahe dianggap dapat mengatasi sakit kepala akibat tidur terlalu lama, yakni dengan mengurangi pembengkakan pembuluh darah di area kepala.

Biasakan tidur siang

Tak banyak yang tahu bahwa tidur siang yang cukup bisa membantu Anda terbebas dari sakit kepala saat bangun tidur. Tak butuh waktu lama, cukup lakukan tidur siang pendek atau yang biasa disebut power nap selama 10-20 menit, sudah cukup untuk mengisi ulang energi Anda sehingga Anda lebih siap untuk kembali beraktivitas. Namun, jika tidur siang yang Anda lakukan terlalu lama, ini malah akan menyebabkan disorientasi dan kelelahan.

(Foto: cheapcpapsupplies.com)

YesDok Ads