Lakukan Ini Agar Terhindar dari Depresi

February 19, 2022 | Claudia

Jalan-Jalan

Banyak orang mungkin tidak sadar, bahwa ia mengalami depresi. Tahukah Anda bahwa 1 dari 4 orang dewasa dan 1 dari 10 anak mengalami gangguan mental dalam beberapa titik di hidupnya?

Untuk itu, Anda sebaiknya tidak mengabaikan satu atau bahkan banyak tanda-tanda gangguan kesehatan mental. Layaknya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga dengan baik. Depresi merupakan salah satu gangguan mental paling umum, yang bisa menimpa siapa saja. Agar Anda senantiasa terhindar dari gangguan mental seperti depresi, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan seperti:

Makan

Mengikuti diet sehat memang sangat penting untuk membuat diri merasa lebih baik. Tak hanya berpengaruh pada tampilan fisik, nutrisi juga memainkan peran penting dalam mengendalikan kesehatan mental Anda.

Orang yang mengalami depresi cenderung melewatkan aktivitas makan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis dan tidak bergizi. Padahal, ini bisa berkontribusi terhadap penurunan suasana hati. Mengonsumsi makanan bernutrisi penting seperti mengikuti diet kaya karbohidrat kompleks, lemak esensial, asam amino, vitamin, dan mineral, bersama dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari, dapat berkontribusi dalam menjaga suasana hati agar tetap seimbang. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan bernutrisi dan tinggalkan makanan-makanan yang tidak sehat.

Pelukan

Semua orang tentu senang dipeluk atau berpelukan. Menurut penelitian, menyentuh orang-orang yang disayang secara rutin dapat meningkatkan kesejahteraan emosional pada setiap orang, dari mulai bayi hingga lanjut usia. Studi lain juga menemukan, bahwa pelukan dapat mengurangi tingkat hormon stres kortisol.

YesDok Ads

Mengobrol

Ketika seseorang mengalami depresi, ia akan mulai menarik diri dari orang-orang di sekitarnya. Saat sedang sedih, memang rasanya kita ingin mengunci diri dari dunia luar, namun, hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kembali bangkit dan bertemu dengan orang-orang tersayang atau bahkan orang baru diperlukan, untuk menyegarkan hati dan pikiran. Bahkan jika dirasa masih mengganjal, Anda sangat disarankan untuk berbincang dengan tenaga professional, seperti psikolog.

Penelitian menunjukkan bahwa bersosialisasi dapat mengubah aktivitas otak yang mengurangi stres, kecemasan, dan gejala depresi lainnya. Bersosialisasi juga dapat membuat perasaan lebih tenang dan lebih bahagia. Jadi, jika Anda merasa sedih, cobalah untuk menelepon atau bertemu dengan teman-teman Anda. Curahkan semua perasaan sedih, dan ciptakan suasana yang bahagia dengan teman-teman atau orang-orang terdekat Anda.

Berjalan-jalan

Menghirup udara segar di luar rumah dapat bermanfaat baik untuk kesehatan mental Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan di alam terbuka dapat berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecemasan dan suasana hati yang buruk. Jalan-jalan di alam terbuka juga dapat membantu seseorang dengan gangguan depresi yang cukup berat.

(Foto: outdooractive.com)

YesDok Ads