Lakukan Ini agar Rambut Tidak Kering

March 13, 2022 | Claudia

Rambut Kering

Apakah Anda mengalami masalah rambut kering? Rambut kering bisa memicu kerusakan pada rambut, misalnya saja rambut bercabang. Untuk itu, menjaga kelembapan alami rambut adalah hal yang harus dilakukan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melembapkan rambut. Perawatan minyak rambut adalah salah satu yang bisa dilakukan, namun, banyak orang tidak suka melakukan perawatan ini, karena membuat rambut mereka lebih lepek dan terasa tidak nyaman.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa membantu Anda melembapkan dan menghidrasi rambut, yakni:

Konsumsi omega-3

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3 bisa membantu melembapkan rambut. Alpukat dan ikan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain itu, memakan stroberi segar dan melon juga bisa menjadi pilihan untuk variasi makanan Anda.

Minum air

Minum air yang cukup setiap hari adalah kewajiban. Jaga kadar cairan tetap seimbang, sehingga seluruh tubuh Anda dapat terhidrasi dengan baik.

Jangan terlalu sering mencuci rambut

Keramas atau mencuci rambut cukup dilakukan dua hari sekali. Terlalu sering mencuci rambut akan mengeringkan minyak alami di kulit kepala Anda, dan ini membuat rambut lebih kering dan rapuh.

Gunakan sampo yang melembapkan

Gunakanlah sampo dan conditioner yang dapat melembapkan kulit kepala. Produk-produk jenis ini dapat menghindari Anda dari masalah rambut dan kulit kepala yang kering.

Hindari penggunaan pengering rambut

Penggunaan alat pengering rambut dan pemakaian produk penata rambut yang berlebihan bisa membuat rambut menjadi lebih kering. Lama-kelamaan, ini bisa menyebabkan rambut menjadi sangat kering dan rusak. Hindari juga penggunaan alat pelurus atau pengeriting rambut yang menghantarkan panas.

Menyisir rambut

Pastikan untuk rutin menyisir rambut dengan sisir yang lembut. Rutin menyisir rambut dapat menyebarkan minyak alami ke seluruh kulit kepala. Sisir rambut Anda dua kali sehari, yakni satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari.

(Foto: prevention.com)

YesDok Ads