0 Point
Mencegah Migrain

Lakukan 4 Cara Mencegah Migrain Ini agar Tak Tersiksa!

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor yang dapat memicu migrain, di antaranya gaya hidup, lingkungan, intoleransi pada suatu makanan tertentu, genetika, dan lain-lain. Adakah cara mencegah migrain yang terbaik?

Perempuan memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalami migrain jika dibandingkan dengan pria. Penyebab migrain lebih umum terjadi pada perempuan adalah karena masalah hormon.

Migrain bisa terasa sangat menyakitkan dengan beberapa gejala migrain termasuk mual, muntah, dan menjadi sangat sensitif terhadap cahaya dan suara. Intensitas dan durasi migrain yang dialami seseorang pun bisa bervariasi.

Ada beberapa cara mencegah migrain yang bisa Anda lakukan, seperti:

Perhatikan gaya hidup Anda

Jika Anda mengalami sakit kepala berulang-ulang, maka perhatikan kembali beberapa faktor seperti stres, pola tidur, olahraga, diet, dan hormon Anda. Salah satu cara mencegah migrain yang terbaik adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu diet sehat dengan gizi seimbang, mengurangi stes, mengatur pola tidur yang baik, dan minum lebih banyak cairan, juga bisa mencegah migrain untuk kambuh.

Buat catatan tentang makanan

Intoleransi atau alergi terhadap makanan dan dehidrasi dapat memicu terjadinya migrain. Mengonsumsi kopi, minuman soda, alkohol, keju, kacang, dan cokelat juga bisa memicu timbulnya migrain. 

Untuk itu, sebagai salah satu cara mencegah migrain, buat catatan tentang waktu dan jumlah makanan berat atau camilan yang Anda konsumsi. Dari catatan ini Anda bisa melihat, makanan apa saja yang ternyata menjadi pemicu migrain pada diri Anda.

Mencari tahu riwayat anggota keluarga dengan migrain

Sebagian besar migrain disebabkan oleh faktor genetik, untuk itu, disarankan bagi Anda mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda.

Faktor-faktor seperti gejala, obat-obatan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan migrain pada keluarga sangat penting diketahui, sehingga dapat membuat pengobatan terhadap migrain menjadi lebih efektif.

Periksakan ke dokter

Jika migrain terus mengganggu, cobalah periksakan kondisi Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik guna memeriksa fungsi sistem saraf, tekanan darah, penglihatan, dan tekanan pada leher. Informasi tambahan seperti obat-obatan apa yang harus dikonsumsi untuk mengatasi migrain juga harus Anda dapatkan dengan rinci.

(Foto: cureheadaches.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok