0 Point
Sakit kepala

Kurang Tidur Sebabkan Sakit Kepala? Coba Lakukan Hal Ini

Rutinitas yang padat kerap membuat seseorang kekurangan atau bahkan kehilangan waktu tidurnya. Padahal, banyak sekali masalah yang didapat jika seseorang kurang tidur, mulai dari perubahaan mood hingga sakit kepala yang tidak tertahankan.

Kesibukan membuat banyak orang menyepelekan waktu tidur. Tak hanya itu, godaan gawai di jam-jam tidur pun kerap membuat seseorang menunda waktu tidurnya. Hasilnya, mereka jadi kurang tidur. Tak jarang keluhan sakit kepala muncul saat seseorang kurang tidur.

Ketika seseorang kurang tidur, akan ada banyak masalah yang menyertainya, salah satunya adalah sakit kepala. Sakit kepala yang muncul bisa beragam, misalnya migrain atau sakit kepala tegang.

Penelitian dari Missouri State University telah membuktikan hal ini. Penelitian ini melihat bahwa ketika fase REM dalam tidur seseorang terganggu, ini akan mengubah protein-protein di otak, yang memiliki peran penting dalam menekan atau memicu rasa nyeri.

Fase REM merupakan salah satu fase tidur di mana seseorang biasanya mengalami mimpi dalam fase ini. Fase REM biasanya terjadi pada 70-90 menit setelah seseorang terlelap. Jika fase ini terganggu, maka sakit kepala bisa timbul saat seseorang terbangun dari tidurnya.

Ada 2 hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat kurang tidur, seperti:

Konsumsi yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai camilan favorit bagi mereka yang ingin turun berat badan. Tapi siapa sangka, makan yoghurt juga bisa membantu meredakan sakit kepala akibat kurang tidur. Konsumsi yoghurt dua kali dalam sehari saat Anda alami sakit kepala akibat kurang tidur.

Minum air putih yang banyak

Saat diserang sakit kepala akibat kurang tidur, jangan lantas minum kopi. Minum air putih justru memberikan sejumlah manfaat lebih baik ketimbang minum kopi saat Anda diserang sakit kepala akibat kurang tidur. Kurang asupan air putih dapat menyebabkan fungsi sel di kepala Anda tidak berjalan dengan normal. Minumlah delapan hingga sepuluh gelas air putih dalam sehari untuk membantu menghilangkan sakit kepala.

(Foto: purple.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok