Kulit ketiak Hitam? Hati-Hati Pertanda Penyakit Serius!

September 30, 2019 | Aqiyu

Ketiak merupakan bagian tubuh yang tertutup. Meski begitu ketiak bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena warnanya yang gelap dan kehitaman.

Perubahan warna ketiak ini terjadi karena sebab yang ringan seperti sering mencabut bulu ketiak hingga masalah kesehatan yang serius Berikut beberapa faktor yang menyebabkan ketiak hitam yang jarang diketahui:

Infeksi bakteri. Anda harus memerhatikan perubahan warna kulit ketiak, karena ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini umumnya tumbuh pada bagian tubuh yang berkeringat, lembab, kebersihan tubuh yang kurang terjaga dan menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau obesitas.

Masa kehamilan. Selama mengandung, sebagian ibu hamil mengalami perubahan atau gangguan pada kulit. Salah satunya adalah kulit ketiak yang menjadi gelap. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama masa kehamilan yang membuat produksi melanin meningkat.

Acanthosis nigricans. Kulit ketiak yang menghitam juga bisa disebabkan seseorang mengidap acanthosis nigricans. Dimana penyakit ini membuat kulit seseorang menebal dan mengubah warnanya menjadi gelap.

Iritasi kulit ketiak. Seperti yang disampaikan diawal, kulit ketiak menghitam biasanya karena iritasi kulit yang disebabkan oleh kebiasaan mencabut atau mencukur bulu ketiak. Menghilangkan bulu ketiak dengan cara tersebut membuat kulit mudah teriritasi dan memicu produksi melanosit yang berlebihan.

Sebenarnya, cara mengatasi kulit ketiak yang hitam bisa dilakukan dengan cara alami. Langkah awalnya, Anda harus mengetahui dulu apa yang menyebabkan ketiak menghitam agar penanganan yang dilakukan tepat dan sesuai.

Jika kulit ketiak menghitam akibat iritasi, Anda bisa mandi air hangat terlebih dahulu sebelum mencukur. Lalu, gunakan cream atau gel untuk mencegah iritasi pada kulit dan mempermudah proses mencukur.

Selain itu, Anda bisa memakai bahan alami yang bisa diolah menjadi masker. Bahan-bahan tersebut seperti mentimun, kunyit, lemon, minyak kelapa atau kulit jeruk. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pakaian yang digunakan sehari-hari.

Cobalah pilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Karena suhu panas, keringat berlebih dan kurang bersih dapat memicu tumbuhnya kuman dan bakteri yang berdampak pada perubahan kulit ketiak yang hitam. 

(Foto: firstcry parenting)

YesDok Ads