Kram Kaki di Malam Hari, Apa Sebabnya?

February 18, 2021 | Claudia

Kram kaki

Pernahkah Anda terbangun di tengah malam dan mendapati kaki Anda kram? Rasa kaku yang terjadi pada betis atau kaki disebut kram. Ini merupakan masalah yang umum, dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.

Meskipun kram biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit, namun kondisi ini tetap menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang mengalaminya. Selain itu, kram yang menyakitkan juga bisa mengganggu tidur Anda.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan kaki Anda kram di malam hari?

Dehidrasi

Penyebab paling umum dari kram kaki di malam hari adalah dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat memberikan tekanan ekstra pada otot. Ini bisa menyebabkan kram kaki di tengah malam.

Hipotiroidisme

Orang yang menderita hipotiroidisme sering mengalami kram kaki pada malam hari. Ini adalah salah satu penyebab utama kram otot, kelelahan, dan kelemahan pada kaki yang paling umum.

Kadar gula darah tinggi

Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab lain dari kram kaki di malam hari. Penting untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali untuk mencegah masalah kram kaki yang dapat mengganggu tidur Anda.

Efek samping pengobatan

Kram kaki pada malam hari juga bisa terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu. Jadi, jika Anda pernah atau tengah menjalani pengobatan, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila kram kaki kerap mengganggu Anda di malam hari.

Kelelahan

Penggunaan energi yang berlebihan, dapat menyebabkan kelelahan otot, yang kemudian bisa menyebabkan kram kaki. Olahraga yang berat juga bisa menyebabkan kram kaki di malam hari.

(Foto: health.harvard.edu)

YesDok Ads