0 Point

Kotoran Mata Sering Keluar, Apa yang Terjadi?

Kotoran mata seringkali keluar saat baru terbangun dari tidur. Kotoran mata terbentuk dari air mata yang mengering dan tercampur dengan kotoran yang terperangkap di permukaan mata. Kotoran mata memang menjadi kondisi yang umum terjadi, namun jika kotoran mata terlalu sering keluar, maka Anda patut mencurigai kondisi ini.

Mata kita memproduksi lendir sepanjang hari, yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang terkumpul saat kita tidur. Inilah mengapa, saat terbangun di pagi hari mata Anda kerap “dihiasi” oleh kotoran mata, dan ini merupakan kondisi yang normal. Kotoran mata harus dicurigai jika terus keluar sepanjang hari.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab mengapa kotoran mata terus keluar sepanjang hari:

Mata kering

Kondisi mata kering terjadi ketika kelenjar air mata hanya memproduksi sedikit air mata. Hal ini kemudian memicu timbulnya kotoran mata yang lebih sering keluar. Cobalah menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi kondisi mata kering.

Infeksi mata

Blepharitis atau peradangan di kelopak mata dapat menyebabkan iritasi dan membuat kotoran mata menumpuk. Misalnya, saat tertidur bulu mata dipenuhi dengan kotoran yang lengket dan membuat mata sulit untuk dibuka saat bangun tidur. Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Selalu jaga kebersihan kelopak mata Anda dengan membersihkannya menggunakan sampo bayi yang telah dicampur dengan air.

Alergi

Ada banyak gangguan yang terjadi pada mata, salah satunya ialah konjungtivitis. Konjungtivitis bisa disebabkan oleh bakteri atau alergi. Biasanya, mata akan menjadi gatal saat Anda mengalami kondisi ini. Selain gatal beberapa gejala lainnya yakni mata merah dan mengeluarkan banyak kotoran. Atasi kondisi ini dengan menggunakan obat mata yang mengandung antihistamin. Selain itu, Anda juga perlu menghindari hal-hal yang dapat memicu alergi, agar kondisi ini tak terus terjadi.

Flu

Flu yang menyerang terkadang juga disertai dengan kondisi gangguan pada mata, seperti konjungtivitis. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan mata Anda menjadi merah, berair, dan mengeluarkan banyak kotoran. Biasanya, kondisi akan membaik seiring dengan sembuhnya flu. Akan tetapi, Anda harus mencermati kotoran mata yang keluar. Jika berwarna hijau, maka Anda harus memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Ini dikhawatirkan menjadi pertanda bahwa ada infeksi sinus.

(Foto: manchestereveningnews.co.uk)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok