Konsumsi Tomat Mungkin Memberikan Efek yang Baik untuk Kesehatan Usus

November 18, 2022 | Helmi

manfaat tomat untuk kesehatan usus

Tomat merupakan salah satu makanan yang populer dengan manfaatnya untuk kesehatan. Tomat mengandung antioksidan lycopene yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. 

Selain itu, tomat juga mengandung nutrisi sehat lainnya seperti kalsium, potasium, vitamin A dan K, serta folat.

Penelitian baru menunjukkan bahwa tomat mungkin memainkan peran penting dalam usus yang sehat. Dalam studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Microbiology Spectrum, para peneliti menjelaskan bahwa karena tidak banyak penelitian tentang bagaimana makanan tertentu memengaruhi mikrobioma usus, mereka ingin memahami bagaimana buah populer seperti tomat memengaruhi bakteri di usus. 

Mereka melakukan penelitian terhadap 20 anak babi, yang secara anatomi dan metabolisme mirip dengan manusia. Satu kelompok yang terdiri dari 10 orang diberi diet yang mencakup 10% bubuk tomat beku-kering, dan 10 sisanya diberi diet terkontrol yang tidak menyertakan bubuk tomat tetapi mengandung makronutrien yang sama.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti memeriksa sampel tinja babi setelah tujuh dan 14 hari, dan mereka menemukan babi yang mengonsumsi tomat telah mengembangkan mikrobioma usus yang lebih sehat dari waktu ke waktu. 

YesDok Ads

Keragaman bakteri usus mereka meningkat, dan kombinasi bakteri Bacteroidota dan Bacillota memiliki keseimbangan yang lebih baik. Para peneliti menjelaskan bahwa rasio Bacteroidota/Bacillota yang rendah terkait dengan obesitas, sementara rasio yang lebih tinggi dianggap lebih baik. 

Beberapa bakteri juga diamati memberikan manfaat probiotik untuk kesehatan usus, dan yang lainnya mengurangi keparahan penyakit iritasi usus dan peradangan.

Para peneliti menyatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan bahwa memasukkan tomat ke dalam makanan dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri yang sehat, yang penting untuk kesehatan optimal, menurut Live Science. 

Penulis penelitian mencatat bahwa mikrobioma usus manusia itu rumit, mereka menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian tentang bagaimana tomat berdampak pada usus manusia.

YesDok Ads