Konsumsi Selai Kacang Sebabkan Masalah Jerawat?

March 09, 2021 | Helmi

selai kacang

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi ketika minyak terjebak dalam sel kulit mati dan kotoran di dalam folikel rambut. Peradangan, bakteri, hormon, dan faktor lain juga dapat menyebabkan masalah ini.

Tidak ada penelitian yang secara langsung menyelidiki hubungan selai kacang dengan jerawat. Tetapi tambahan gula pada beberapa selai kacang dan senyawa di dalamnya seperti asam lemak omega-6 dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang semakin parah.

Seseorang mungkin beranggapan bahwa selai kacang tidak baik untuk jerawat karena mengandung lemak trans. Memang, banyak makanan cepat saji berminyak atau olahan mengandung lemak trans, yang memiliki kaitan erat dengan jerawat.

Sebuah studi tahun 2014 mencatat hubungan antara lemak jenuh dan jerawat yang memburuk di antara 248 peserta berusia 18-25 tahun.

Satu porsi selai kacang, atau 45 gram (g), mengandung 4,54 g lemak jenuh, jumlah yang mirip dengan beberapa minyak.

Namun, dalam jumlah sedang, lemak jenuh tidak berbahaya seperti yang dipikirkan beberapa orang. Diet tinggi lemak jenuh, yang mungkin mengandung banyak makanan olahan dan gorengan, dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis, jadi ketidakseimbangan yang mendukung omega-6 dapat memperburuk masalah kulit ini. Sebuah studi tahun 2017 menyimpulkan bahwa kadar omega-6 yang tinggi dalam makanan dapat menyebabkan peningkatan jerawat.

Untuk kesehatan kulit yang optimal, coba temukan keseimbangan antara omega-6s dan omega-3. Ini umumnya berarti mengonsumsi lebih banyak omega-3 dan lebih sedikit omega-6, yang dapat ditemukan dalam makanan olahan dan minyak nabati tertentu, seperti minyak kedelai.

Selai kacang merupakan makanan kaya nutrisi. Satu porsi, atau 45 g, mengandung 10,1 g protein dan 2,16 g serat makanan. Ini juga mengandung vitamin E, folat, dan nutrisi lainnya.

Memilih selai kacang yang lebih sehat dapat membantu beberapa orang mencegah lonjakan gula darah, menurut sebuah studi tahun 2013.

Ini juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol yang ramah jantung. Selai kacang tidak mungkin menyebabkan jerawat. 

Meskipun beberapa produk mengandung gula tambahan, secara umum, jumlah bahan yang dapat memicu timbulnya jerawat relatif rendah. Ditambah lagi, selai kacang adalah sumber nutrisi penting yang baik.

Namun, jika selai kacang tampaknya berkontribusi pada munculnya jerawat, seseorang mungkin menghentikan pola makannya untuk sementara waktu untuk melihat apakah ini membantu mengurangi jerawat.

(Foto: taste of home)

YesDok Ads