Konsumsi Sate Idul Adha, Ini Makanan Pencegah Kadar Tinggi Kolesterol

July 11, 2022 | Iman

Sate

Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang parah seperti penyakit jantung.

Kolesterol terdiri dari dua jenis utama, low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat, dan yang lainnya adalah high-density lipoprotein (HDL), yang merupakan kolesterol baik.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Jika langkah-langkah yang tepat tidak diambil, deposit ini akan tumbuh dan dapat menghalangi aliran darah di arteri. Terkadang, endapan ini dapat membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi biasanya karena pilihan gaya hidup yang tidak sehat. Ditambah lagi makanan olahan daging kurban yang menggoda saat Iduladha. Berikut makanan yang dapat mencegah kadar kolesterol tinggi.

1. Oats dan Barley

Biji-bijian utuh seperti oat dan barley kaya akan jenis serat larut yang disebut beta glucan yang menurunkan jumlah kolesterol. Sebuah tinjauan dari 45 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke 20% lebih rendah.

2. Kacang

YesDok Ads

Kacang-kacangan, seperti almond dan walnut, dapat dimasukkan dalam diet harian sebagai snack pagi atau snack malam. Kacang-kacangan penuh dengan nutrisi dan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang bagus untuk kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Konsumsi dua ons kacang secara teratur dapat mengurangi LDL sekitar 5%. Makan satu porsi kacang setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 28% lebih rendah.

3. Alpukat

Alpukat memiliki efek penurun kolesterol, yang didukung oleh beberapa studi klinis. Hadir sebagai sumber yang kaya akan lemak dan serat tak jenuh tunggal. Menurut penelitian, alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL mereka dengan memasukkan satu buah alpukat per hari dalam diet mereka.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sangat baik. Ikan sehat untuk jantung karena meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik, dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kadar kolesterol LDL tetapi dapat menurunkan risiko kematian mendadak bagi mereka yang sebelumnya pernah mengalami serangan jantung. Namun, ikan goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, sebuah penelitian besar pada orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa mereka yang memanggang atau memanggang ikan setidaknya sekali seminggu memiliki risiko 27% lebih rendah terkena stroke.

YesDok Ads