Konsumsi Probiotik dapat Mengurangi Risiko Asam Urat

April 11, 2023 | Helmi

risiko asam urat

Kabar baik bagi Anda yang memiliki masalah asam urat. Meski sampai saat ini belum ada obat untuk asam urat, tetapi sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik tertentu dapat menurunkan risiko asam urat.

Probiotik adalah bakteri dan ragi baik yang secara alami hidup di dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Seringkali dikonsumsi dalam bentuk suplemen untuk meningkatkan dan menyeimbangkan jumlah bakteri "baik" di usus.

Probiotik telah ditemukan membantu dalam mengobati beberapa kondisi seperti eksim, infeksi jamur, diare dan infeksi saluran kemih.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Complutense University of Madrid mengungkapkan bahwa jenis probiotik tertentu yang biasanya hidup di usus - Ligilactobacillus salivarius - efisien dalam mengubah asam urat.

Temuan penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Microbiology, menunjukkan bahwa orang yang menerima probiotik L. salivarius memiliki episode asam urat yang lebih sedikit dan membutuhkan lebih sedikit obat terkait asam urat.

Strain probiotik juga membantu dalam mengelola stres oksidatif, kerusakan hati dan sindrom metabolik, kata para peneliti.

Masalah asam urat atau gout biasanya ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada satu atau lebih persendian yang disebabkan karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Beberapa gejala paling umum yang harus diwaspadai: nyeri sendi yang intens, bengkak dan kemerahan, dan ketidaknyamanan dalam gerakan.

YesDok Ads

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria berisiko lebih tinggi terkena asam urat. Faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi, resistensi insulin, obesitas, diabetes, fungsi ginjal yang buruk, dan gagal jantung kongestif dapat meningkatkan risiko asam urat.

Meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara permanen, kondisi ini dapat dikendalikan dengan mengobati gejala serangan dan mengidentifikasi pemicu untuk mencegah serangan di masa mendatang.

Pemicu paling umum termasuk minum terlalu banyak alkohol, cedera pada persendian, penyakit yang menyebabkan demam, makanan berlemak, dan dehidrasi. Strategi manajemen diri, seperti menghindari makanan tertentu dan membuat pilihan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi serangan asam urat.

Purin adalah bahan kimia yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu yang terurai menjadi asam urat sebagai produk sampingan. Karena asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda, kondisi ini dapat dikelola dengan menjaga pola makan rendah purin.

Diet rendah purin termasuk menghindari minuman manis, alkohol, sirup jagung fruktosa tinggi, daging merah, kalkun, dan makanan laut tertentu seperti kerang, remis, ikan kod, dan tuna.

Berikut adalah penjelasan mengenai risiko asam urat yang perlu Anda ketahui. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads