Konsumsi Makanan Ini Saat Sedang Stres

January 28, 2023 | Aqiyu

makanan penghilang stres

Stres dapat melanda kapan saja dan dimana saja. Termasuk saat Anda dikejar oleh deadline pekerjaan dan di waktu yang tidak tepat. Kalau sudah stres melanda tidak sedikit orang yang melampiaskannya pada makanan. Nah, supaya pelarian dari rasa stres ini tidak sia-sia, Anda bisa mengurangi rasa stres ini dengan mengonsumsi beberapa makanan.

Menghilangkan stres dengan makanan tentu sah-sah saja. Namun, Anda tetap harus memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi. Jangan sampai stres membuat Anda kalap dan makan sembarangan makanan yang akhirnya berujung pada masalah kesehatan. Berikut ini adalah rekomendasi makanan penghilang stres dan membuat Anda sehat:

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam mengandung magnesium yang tinggi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana kedua kandungan tersebut dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Jeruk

Sebuah studi dari Journal of Biological menyebutkan bahwa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dapat mengurangi tingkat stres. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C sebanyak 500 mg per hari. Hal ini juga dapat menurunkan rasa cemas. Salah satu buah yang mengandung vitamin C adalah jeruk.

Alpukat

Buah alpukat memiliki cita rasa yang enak. Alpukat bisa menjadi salah satu makanan menyehatkan yang dapat menghilangkan stres. Alpukat mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi serta vitamin E. Sehingga buah alpukat dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Susu

Buatlah segelas susu hangat yang dapat membuat tubuh lebih rileks atau santai. Efek relaksasi dari susu hangat ini bisa memberikan rasa tenang. Meminum segelas susu hangat sebelum tidur juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

YesDok Ads

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi stres dan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Serta dapat menenangkan pikiran.

Teh hijau

Teh hijau yang rendah kafein ini diklaim dapat mengurangi stres. Dan kandungan lainnya seperti L-theanine dan asam amino non protein dapat menekan hormon stres.

Berikut adalah rekomendasi makanan penghilang stres dan membuat Anda sehat jika dikonsumsi. Simak lebih lanjut hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: vitacost)

YesDok Ads