0 Point
Kopi

Konsumsi Kopi Diyakini Mampu Atasi Kanker Prostat

Anda pecinta kopi? Ini adalah kabar baik bagi Anda. Sebuah tinjauan penelitian terbaru yang dipublikasikan di BMJ Open menemukan bahwa minum beberapa cangkir setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Para peneliti mengamati 16 studi yang meneliti konsumsi kopi dan kejadian kanker prostat, dan jumlah cangkir kopi per hari sangat bervariasi, dari dua hingga sembilan. Mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan asupan terendah, jumlah yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko 7% lebih rendah dari kanker prostat lokal dan sekitar 15% risiko lebih rendah untuk kanker stadium lanjut.

Namun, ada beberapa catatan. Salah satunya adalah bahwa jumlah konsumsi kopi didasarkan pada ingatan yang menurut para peneliti tidak dapat diandalkan daripada studi observasi yang lebih terkontrol. Selain itu, desain dan metode penelitian bervariasi, sehingga mereka menyimpulkan bahwa penyelidikan lebih lanjut akan diperlukan untuk mengonfirmasi tautan tersebut.

Menurut penulis utama studi, Kefeng Wang, penelitian berbasis hewan menunjukkan bahwa kopi dapat merangsang dan menekan tumor, tergantung pada spesies hewan tersebut, tetapi hasil penelitian pada manusia tidak konsisten.

"Meskipun mekanisme potensial bagaimana kopi berdampak pada risiko kanker prostat belum dipelajari secara menyeluruh, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan," kata Wang.

Wang menyatakan ada dua penyelidikan yang lebih penting, yang disebut cafestol dan kahweol. Senyawa kimia telah ditemukan memiliki sifat anti-karsinogenik (pencegahan kanker), termasuk menekan enzim yang bertanggung jawab untuk pembentukan tumor. Kelebihan lainnya, kopi merupakan sumber utama asam klorogenat yang memiliki efek antioksidan pada tubuh.

Selain itu, penelitian terbaru lainnya menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja atletik, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga secangkir kopi biasa Anda tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan prostat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan latihan Anda.

Dengan semua manfaat tersebut, mungkin tergoda untuk mengonsumsi kopi dari sekarang, tetapi perlu diingat bahwa kopi juga memiliki kelemahan . Penelitian sebelumnya menunjukkan konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kecemasan dan berdampak negatif pada tidur, misalnya.

 “BPOM Amerika menyarankan untuk tetap di bawah 400 miligram (mg) per hari, yaitu maksimal sekitar empat atau lima cangkir kopi yang diseduh,” peneliti menambahkan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok