Konsumsi Keju Berlebihan Bisa Picu 5 Masalah Kesehatan Ini

November 10, 2019 | Aqiyu

Keju biasanya dijumpai sebagai tambahan pada makanan atau camilan. Keju merupakan produk olahan susu yang kaya protein baik, sumber kalsium, serta lemak jenuh dan natrium yang tinggi.

Keju masih termasuk makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Namun sayangnya, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa dipicu akibat mengonsumsi keju secara berlebihan. Berikut masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan karena mengonsumsi keju dalam porsi yang banyak seperti yang dilansir Medical News Today:

Mengganggu hormon. Berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terdapat kandungan esterogen dan hormon steroid lainnya dalam produk alahan susu seperti keju. Bila dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat mengganggu endokrin dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Perut kembung dan diare. Seseorang yang intoleransi laktosa disebabkan oleh kekurangan enzim dalam tubuh yang dibutuhkan untuk memecah dan mencerna gula dalam susu. Sehingga apabila mereka mengonsumsi produk olahan susu seperti keju dapat terserang diare dan perut kembung.

YesDok Ads

Alergi. Tidak sedikit orang yang alergi dengan keju. Biasanya mereka yang alergi dengan keju atau produk susu lainnya karena reaksi imunologis yang tidak normal. Alergi yang ditumbulkan bisa berupa mimisan, diare hingga muntah. Parahnya lagi bisa menimbulkan asma, eksim, pendarahan dan pneumonia.

Sensitif pada protein. Protein yang terdapat pada produk susu termasuk keju dapat memicu peradangan pada seluruh tubuh. Gejala yang ditimbulkan biasanya hidung tersumbat, migran, jerawatan, ruam dan radang kulit.

Asupan kalsium yang berlebihan. Mengonsumsi produk susu dan keju terlalu banyak bisa memicu sembelit. Serta asupan kalsium yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. 

(Foto: medical news today)

YesDok Ads