Diet
+1

Konsumsi Ini untuk Cegah Kanker Payudara

June 16, 2021 | Claudia

kacang -kacangan

Memang, tidak ada makanan atau diet tunggal yang dapat mencegah atau menyebabkan kanker payudara. Akan tetapi, pilihan diet seseorang bisa membuat perbedaan pada risiko mereka untuk terkena kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit yang kompleks, dengan banyak faktor yang berkontribusi. Beberapa faktor ini termasuk usia, riwayat keluarga, genetika, dan jenis kelamin. Semua faktor ini merupakan hal-hal di luar kendali manusia. Akan tetapi ada juga faktor risiko lain yang bisa dikendalikan atau dihindari agar seseorang tak sampai terkena kanker payudara, yakni merokok, tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan diet. Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa faktor makanan dapat bertanggung jawab sekitar 30-40% untuk semua jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Rekomendasi makanan untuk mencegah kanker payudara

Sama seperti jenis kanker lainnya, beberapa kanker merespons dengan baik terhadap makanan tertentu. Makanan berikut dapat berperan dalam mencegah perkembangan kanker payudara, yakni:

Berbagai buah dan sayuran

Sebuah studi yang melibatkan 91.779 wanita menemukan bahwa konsumsi makanan terutama yang berasal dari produk tanaman seperti buah dan sayuran, dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 15%.

Seiring dengan manfaat lainnya, buah-buahan dan sayuran kaya akan flavonoid dan karotenoid, yang semuanya dapat memberikan manfaat kesehatan. Penelitian telah menyarankan bahwa makanan berikut ini dapat membantu seseorang dalam mencegah kanker payudara, yakni:

  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti kangkung dan brokoli
  • Buah-buahan, termasuk buah beri dan buah persik

Para peneliti telah mengaitkan beta karoten, yang terkandung dalam beberapa jenis sayuran, seperti wortel, dapat membuat risiko terkena kanker payudara lebih rendah. Para ilmuwan di bidang kesehatan berspekulasi, bahwa beta karoten mungkin dapat mengganggu proses pertumbuhan sel kanker.

Lemak baik

YesDok Ads

Makanan berlemak dapat menyebabkan obesitas, dan orang dengan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kanker, termasuk kanker payudara. Meski begitu, lemak tetap diperlukan oleh tubuh, asal kita dapat memilih jenis lemak yang tepat dan tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh asal dalam jumlah sedang. Lemak-lemak ini hadir pada:

  • Minyak zaitun
  • Avokad
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan

Ikan salmon dan herring juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat menyehatkan, lemak ini disebut asam lemak omega-3. Lemak ini juga bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Makanan tinggi serat dan antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa serat makan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kelebihan estrogen dapat menjadi faktor perkembangan dan penyebaran beberapa jenis kanker payudara. Beberapa perawatan bertujuan untuk mencegah estrogen berinteraksi dengan sel kanker payudara. Konsumsi makanan berserat tinggi dapat mendukung proses ini dan mempercepat eliminasi estrogen.

Serat mendukung sistem pencernaan dan pembuangan limbah menjadi lebih teratur, termasuk pembuangan kelebihan estrogen. Ini membantu tubuh menghilangkan racun dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi. Cara serat mengikat estrogen di usus juga dapat membantu mencegah tubuh menyerap terlalu banyak estrogen. Faktor-faktor ini mungkin dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Sementara antioksidan dapat membantu mencegah banyak penyakit dengan mengurangi jumlah radikal bebas yang merupakan zat limbah yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Sebuah meta-analisis di tahun 2013 menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak biji-bijian mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan mengandung tinggi serat dan juga mengandung antioksidan. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan-makanan ini dapat mencegah Anda dari banyak penyakit.

YesDok Ads