Konsumsi Ini jika Anda Ingin Berhenti Merokok

November 29, 2019 | Claudia

Merokok sudah disepakati menjadi salah satu bentuk gaya hidup tidak sehat, yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahkan merokok tak hanya merugikan bagi si perokok itu sendiri, tapi juga bagi orang-orang di sekitar para perokok.

Jika Anda ingin tubuh yang lebih sehat, maka tak ada cara lain selain berhenti merokok. Saat ini, polusi udara juga sudah menjadi ancaman besar bagi paru-paru Anda. Bayangkan jika hal ini juga ditambah dengan kebiasaan merokok yang terus Anda lakukan, maka ini sudah pasti menjadi mimpi buruk bagi paru-paru Anda.

Merokok dapat menyebabkan batuk kronis, infeksi pada paru-paru, kanker paru-paru dan masih banyak lagi. Paru-paru Anda berisi tas kecil seperti balon yang menahan udara. Asap yang Anda hirup merusak kantong-kantong tersebut, dan akan membatasi oksigen dalam aliran darah Anda, sehingga membuat Anda lama-kelamaan akan sulit bernapas.

Nikotin dalam tembakau bertindak seperti obat dan ketika Anda mengonsumsinya, nikotin dapat mengubah tubuh Anda dengan cara tertentu. Nikotin adalah stimulan yang memiliki kemampuan untuk memicu sistem saraf sehingga Anda akan merasa lebih berenergi.

Akan tetapi, nikotin dapat membuat Anda kecanduan. Sehingga saat Anda berusaha untuk berhenti merokok dan lepas total dari nikotin, ini akan menimbulkan efek yang tidak nyaman untuk Anda. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang dinilai bisa membantu Anda terlepas dari jerat candu nikotin.

Makanan apa saja yang sebaiknya Anda makan ketika berhenti merokok? Berikut ulasannya:

1. Jus wortel

Mengonsumsi jus wortel dapat membantu mendetoksifikasi tubuh, guna menghilangkan semua racun dalam darah dan juga dari organ-organ tubuh Anda. Jus wortel kaya akan vitamin A, C, K, dan vitamin B yang dapat bermanfaat untuk memperbaiki dan mendetoksifikasi tubuh dari racun akibat merokok. Selain itu, asupan wortel rutin setiap hari dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda.

2. Bayam

YesDok Ads

Sayuran berdaun hijau ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh tetapi juga membantu ginjal untuk membuang racun dari dalam tubuh Anda. Bayam kaya akan vitamin dan asam folat, yang dapat membantu Anda menghindari keinginan untuk merokok kembali. Bayam yang tinggi antioksidan dan karoten, juga sangat berguna bagi seseorang yang baru mulai berhenti merokok, karena telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker.

3. Brokoli

Sayuran berdaun hijau sangat baik untuk dikonsumsi oleh perokok dan orang-orang yang berusaha berhenti merokok. Ini karena sayuran hijau dapat membersihkan paru-paru dari banyak zat beracun termasuk nikotin. Konsumsi brokoli dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C yang akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pada gilirannya membantu menjaga paru-paru terlindung dari racun. Selain itu, kandungan tinggi sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu menyehatkan paru-paru.

4. Jahe

Jahe dapat bekerja dengan baik untuk menekan keinginan mengisap rokok kembali. Cukup giling sepotong jahe, tambahkan satu sendok teh gula dan isaplah segera. Mengisap jahe dapat membantu menekan hasrat untuk membakar dan mengisap sebatang rokok kembali. Ini dapat membersihkan lendir di paru-paru dan mengandung antioksidan yang dapat membuang racun hasil dari merokok.

5. Susu

Para peneliti telah membuktikan bahwa konsumsi susu atau produk susu lain sebelum merokok, dapat membuat rasa rokok menjadi tidak enak. Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok dan seringkali kembali ke kebiasaan buruk ini, maka coba untuk memperbanyak konsumsi susu dan produk turunannnya. INi sangat berguna untuk mencegah Anda kembali merokok, karena rasa rokok setelah Anda mengonsumsi susu, yoghurt, keju, dan lain-lain, akan sangat berbeda dan tidak enak.

(Foto: servingjoy.com)

YesDok Ads