Konsumsi Herbal dan Rempah-rempah Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

November 18, 2021 | Helmi

herbal dan rempah

Hipertensi yang tidak diobati meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, penyakit ginjal, kehilangan penglihatan, dan kerusakan pembuluh darah.

Panduan diet untuk mengurangi tekanan darah termasuk mengurangi asupan garam. Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan untuk menggunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bumbu dan rempah-rempah dapat mengurangi lipemia — kelebihan lipid dalam darah — hiperglikemia, dan stres oksidatif.

Untuk menggali lebih dalam, para peneliti di Pennsylvania State University baru-baru ini melakukan uji coba terkontrol secara acak yang menyelidiki efek konsumsi herbal dan rempah-rempah jangka panjang pada faktor risiko penyakit kardiovaskular.

YesDok Ads

Mereka menemukan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari bumbu dan rempah-rempah dalam makanan mengurangi pembacaan tekanan darah dalam 24 jam. Temuan ini muncul di American Journal of Clinical Nutrition Trusted Source.

Prof Penny Kris-Etherton, salah satu penulis utama studi tersebut mengatakan, “Memang, efek penurunan tekanan darah dari herbal dan rempah-rempah dalam makanan Barat rata-rata mengejutkan saya.”

“Kami sudah tahu tentang efek dari banyak faktor gaya hidup, terutama faktor makanan, yang dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi efek herbal dan rempah-rempah untuk menurunkan tekanan darah masih baru!,” ujar Prof Penny.

“Dalam hal herbal dan rempah-rempah,” lanjutnya, “belum ada uji klinis yang menunjukkan manfaat pada penurunan tekanan darah sampai penelitian kami.”

YesDok Ads