Konsumsi Buah Ceri Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

April 08, 2021 | Helmi

ceri

Ceri, buah kecil berwarna merah yang mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, seperti vitamin C dan antioksidan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa buah ceri juga dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Manfaat kesehatan ceri dapat bergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis ceri, berapa banyak yang dikonsumsi seseorang, dan seberapa sering mereka mengkonsumsinya.

Secara umum, pola makan yang kaya buah dan sayur serta rendah lemak jenuh paling baik untuk kesehatan jantung. Namun, ceri mungkin sangat bermanfaat dalam diet jantung sehat, karena berpotensi menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menyebutkan beberapa penelitian pada berbagai produk ceri mampu menurunkan tekanan darah. Satu studi yang lainnya pada wanita dengan diabetes menemukan bahwa mengkonsumsi 40 gram konsentrat ceri asam per hari selama 6 minggu secara signifikan menurunkan tekanan darah.

YesDok Ads

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit kardiovaskular. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Ceri mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, termasuk polifenol dan kalium.

Polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif. Sebuah studi observasional besar pada 2018 menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi polifenol dapat menurunkan tekanan darah.

Seratus gram ceri manis mentah mengandung sekitar 5% dari nilai harian kalium seseorang, yaitu 4.700 miligram. Asupan kalium yang cukup penting untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

YesDok Ads